Contoh Majas Alegori dalam Kalimat dan Puisi

Dwi Latifatul Fajri
1 Desember 2022, 22:59
Contoh Majas Alegori
Pixabay.com/Michal Jarmoluk
Ilustrasi Buku Majas

Majas merupakan gaya bahasa di bahasa Indonesia. Selain karya sastra, majas juga ada dalam perbincangan. Majas bertujuan membawa warna dan represif bagi penulis maupun pembicara.

Melansir buku Pintar Majas, Pantun, dan Puisi dijelaskan bahwa pengertian majas adalah gaya bahasa berupa ibarat, kiasan, dan perumpamaan. Tujuan utama majas untuk memberikan makna dan pesan dalam kalimat.

Adanya majas menambah keberagaman bahasa tertentu. Penulis menggunakan majas untuk menyampaikan perasaan dan pesan yang lebih efektif. Majas terdapat dalam karya tulis seperti cerpen, puisi, sajak, dan syair. Selain itu majas digunakan secara lisan dalam teater, film, dan lainnya

Majas Alegori

Dalam bahasa Indonesia, majas terdiri dari empat kategori yaitu perbandingan, pertentangan, sindiran, dan penegasan. Keempat majas tersebut dibagi lagi menjadi sub majas yang berbeda. Misalnya majas alegori masuk dalam majas perbandingan.

Pengertian majas perbandingan adalah gaya bahasa yang membandingkan satu dengan lainnya. Perbandingan ini memberi pengaruh dan kesan kepada pembaca. Majas perbandingan membandingkan antara dua hal yang berlainan, tetapi dianggap sama.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...