Memahami Majas Penegasan, Pleonasme, Repetisi, dan Contoh Kalimatnya

Dwi Latifatul Fajri
1 Desember 2022, 18:33
Memahami Majas Penegasan dan turunannya
Katadata
Ilustrasi buku

Dalam karya sastra majas digunakan untuk menambah kesan pembaca. Contohnya saja penggunaan majas dalam puisi. Karya sastra puisi adalah jenis karangan mengutamakan keindahan bahasa dan kepadatan makna.

Puisi mengandung majas yang memperlihatkan jiwa dan kepribadian penulis. Menurut Gorys Keraf, majas dalam puisi mengandung tiga unsur utama yaitu sopan santun, menarik, dan kejujuran.

Majas adalah cara melukiskan suatu objek. Caranya dengan menyamakan objek pada sesuatu yang lain. Majas disebut juga kata-kata kiasan (konotasi). Selain puisi, gaya bahasa ini digunakan untuk mengungkapkan pemikiran dan perasaan ketika diucapkan. Tujuan majas yaitu memberikan kesan pada pendengar dan pembaca.

Majas Penegasan

Dalam bahasa Indonesia, majas dibagi menjadi empat kategori utama yaitu majas perbandingan, pertentangan, penegasan, dan sindiran. Majas penegasan adalah gaya bahasa yang dipakai untuk mempertegas suatu pernyataan.

Majas penegasan menggunakan kata kiasan untuk meningkatkan pengaruh pada pembaca. Penegasan ini memakai pengulangan kata sama, tetapi artinya masih berhubungan. Kata lain majas penegasan adalah majas pengulangan.

Tujuan majas penegasan yaitu memberikan pengaruh supaya pembaca menyetujui suatu kejadian. Majas penegasan terdiri dari enam subjenis. Mengutip dari buku Ultra Lengkap Peribahasa Indonesia, Majas, Plus Pantun, Puisi, dan Kata Baku, berikut sub jenis majas penegasan:

1. Majas Pleonasme

Majas pleonasme adalah gaya bahasa yang ditambahkan keterangan untuk sebuah pernyataan. Keterangan ini berupa kata-kata berlebihan yang bertujuan menegaskan arti. Jika dihilangkan kata keterangan, maka kalimat tetap bermakna sama.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...