Pengertian Majas Perbandingan, Jenis, dan Contoh Kalimat

Dwi Latifatul Fajri
30 November 2022, 23:17
Pengertian Majas Perbandingan
Pexels.com/Vlada Karpovich
Ilustrasi menulis majas

Majas merupakan gaya bahasa penulis untuk menyampaikan pesan imajinatif dan kias. Penggunaan majas bertujuan memberikan efek tertentu pada pembaca. Umumnya gaya bahasa ini cenderung ke arah emosional. Kalimat dalam majas memiliki arti tidak sebenarnya atau konotasi.

Majas ada dalam karya sastra seperti puisi, cerita pendek, dan novel. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (2016), majas artinya gambaran sesuatu dengan jalan menyamakan sesuatu yang lain. Majas dipakai untuk mempercantik susunan kalimat.

Advertisement

Pengertian Majas Perbandingan

Majas perbandingan adalah jenis majas yang menyatakan perbandingan. Dalam kalimat majas ini untuk mengungkapkan atau membandingkan dengan yang lain. Majas perbandingan menambah kesan yang berefek pada pembaca atau pendengar.

Majas perbandingan dibagi menjadi beberapa kategori. Mengutip dari buku Ultra Lengkap Peribahasa Indonesia, Majas, Plus Pantun, Puisi, dan Kata Baku, berikut jenis-jenis majas:

1. Majas Sinekdoke

Gaya bahasa majas sinekdoke menggunakan bagian dari objek untuk menyatakan sesuatu. Dalam majas sinekdoke menjelaskan suatu objek seluruh atau sebaliknya. Majas ini dipakai dalam percakapan dan penyampain suatu berita.

Ada dua jenis majas yaitu majas sinekdok pars pro toto dan sinekdok totem pro parte. Majas sinekdoke pars pro toto adalah gaya bahasa untuk menampilkan keseluruhan suatu objek atau benda. Sedangkan sinekdoke totem pro parte adalah majas yang menampilkan keseluruhan unsur, sehingga merujuk sebagian benda atau situasi.

Contoh Majas Sinekdoke Pars Pro Toto

  • Keluarga Anton terpaksa angkat kaki dari rumah kontrakan karena tidak membayar uang sewa selama 5 bulan

Kata "angkat kaki" menjelaskan keseluruhan anggota tubuh yang berarti pergi atau meninggalkan rumah tersebut.

  • Sudah lama saya tak melihat batang hidungnya

Kata "batang hidung" menjelaskan orang tersebut sudah lama tidak kelihatan dari mata orang lain.

Contoh Majas Sinekdoke Totem Pro Parte

  • Indonesia meraih emas dalam Olimpiade Fisika Internasional 2018

Kata "Indonesia' dalam kalimat dipakai sebagai wakil (seseorang warga negara Indonesia) yang memenangkan Olimpiade Fisika Internasional.

2. Majas Personifikasi

Jenis majas yang membandingkan fungsi benda-benda tidak hidup (mati). Gaya bahasa ini seolah-olah membuat benda mati dapat hidup selayaknya manusia.

Contoh Kalimat Majas Personifikasi

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement