Jokowi Mulai Bangun Rumah Warga yang Rusak Akibat Gempa Cianjur

Andi M. Arief
5 Desember 2022, 11:43
gempa, gempa cianjur, jokowi
Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat mengunjungi warga terdampak gempa Cianjur, Senin (5/12). Foto: Youtube Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo mengatakan relokasi rumah yang rusak akibat Gempa Cianjur mulai dikerjakan hari ini. Relokasi rumah tersebut dilakukan karena kerusakan cukup berat dan kondisi tanah di bawah rumah tersebut dinilai tidak baik.

Jokowi mengatakan lokasi pembangunan rumah relokasi tersebut merupakan hasil kajian dari instansi terkait geologi, termasuk Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG. Kepala Negara menjadwalkan pembangunan rumah dengan tingkat kerusakan lainnya dimulai pada 8 November 2022.

"Kami ingin proses pembangunan ini secepat-cepatnya, tapi tidak dibatasi oleh waktu. Masyarakat sudah kehujanan dan kedinginan di tenda-tenda pengungsian," kata Jokowi saat kunjungan kerja ke Cianjur dalam Youtube Sekretariat Presiden, Senin (5/12).

Kepala Negara berharap dimulainya pembangunan rumah relokasi tersebut dapat memberikan aktivitas bagi para penyintas di Kota Santri. Dengan demikian, roda perekonomian di Cianjur dapat bergerak kembali.

Jokowi mengatakan jumlah rumah yang terdampak dari Gempa Cianjur lebih dari 56.000 unit. Hingga 23 November 2022, total rumah yang terdampak dari Gempa Cianjur mencapai 56.320 unit.

Jokowi sebelumnya telah menjanjikan bantuan dana perbaikan bagi rumah rusak berat senilai Rp 50 juta per unit, rumah rusak sedang sebanyak Rp 25 juta per unit, dan rumah rusak ringan sebanyak Rp 10 juta per unit.

Kepala Negara menyebutkan dua cara penyaluran dana bantuan tersebut, yakni secara langsung dan melalui akun tabungan di bank. "Ini sistemnya sudah disiapkan dan ini saya datang ke sini untuk mengecek persiapan itu," ujar Jokowi.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...