Ledakan Kasus di Cina Berpotensi Melahirkan Varian Covid-19 Baru

Ameidyo Daud Nasution
26 Desember 2022, 08:38
Massa memadati tempat tes PCR di pinggir jalan di Distrik Chaoyang, Kota Beijing, China, Sabtu (3/12) sore, hingga menimbulkan antrean panjang. Situasi tersebut terjadi setelah otoritas kesehatan setempat memangkas masa berlaku hasil tes negatif COVID-19
ANTARA FOTO/M. Irfan Ilmie/hp.
Massa memadati tempat tes PCR di pinggir jalan di Distrik Chaoyang, Kota Beijing, China, Sabtu (3/12) sore, hingga menimbulkan antrean panjang. Situasi tersebut terjadi setelah otoritas kesehatan setempat memangkas masa berlaku hasil tes negatif COVID-19 dari 72 jam menjadi 48 jam tanpa menambah jumlah petugas pengambilan sampel sehingga sejumlah tempat tes PCR di setiap kompleks permukiman warga banyak yang tutup.

Cina saat ini tengah menghadapi lonjakan kasus Covid-19. Bahkan, otoritas negara tersebut sampai menghentikan rilis data pasien harian bersamaan meledaknya penularan.

Ahli mengkhawatirkan lonjakan kasus bisa berdampak pada munculnya varian baru Covid-19. Apalagi, setiap infeksi yang terjadi adalah kesempatan virus corona untuk bermutasi.

"Cina juga memiliki populasi yang sangat besar dengan kekebalan terbatas," kata pakar penyakit menular di Universitas Johns Hopkins, Dr. Stuart Campbell Ray dikutip dari Associated Press, Senin (26/12).

Ledakan kasus muncul usai Cina meninggalkan kebijakan Nol Covid-19. Sementara, angka penduduk yang telah mendapatkan vaksin tambahan alias booster masih rendah.

Tak hanya itu, vaksin domestik ternyata kurang efektif melawan keparahan virus jika dibandingkan mRNA yang diproduksi negara-negara Barat. Belum lagi banyak penduduk yang kekebalannya bisa jadi berkurang karena sudah lebih dari satu tahun mendapatkan vaksin.

“Saat ada gelombang besar infeksi, sering kali diikuti dengan munculnya varian baru,” kata Ray.

Ray juga tidak mengetahui apakah varian baru ini akan menyebabkan gejala yang lebih parah. Apalagi, penularan selama 6 hingga 12 bulan ini terjadi karena akumulasi kekebalan baik dari vaksinasi maupun infeksi langsung.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...