Daftar 10 OTT KPK Sepanjang 2022, Suap Pemda hingga Seret Hakim MA

Ira Guslina Sufa
28 Desember 2022, 12:32
OTT KPK
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/nym.
Petugas KPK menunjukan barang bukti Dollar Singapura saat menggelar keterangan pers terkait operasi tangkap tangan (OTT) perkara di Mahkamah Agung di gedung KPK, Jakarta, Jumat (23/9/2022).

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencatat telah melakukan 10 operasi tangkap tangan (OTT) selama tahun 2022. Meski begitu, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menyebutkan operasi tangkap tangan yang sudah dilakukan beberapa kali tetap tidak membuat para koruptor menjadi kapok.

"Kami bisa melihat ternyata dengan OTT berkali-kali pun tidak membuat para pejabat para penyelenggara negara itu menjadi kapok atau menimbulkan 'deterrent effect'," kata seperti dikutip dari Antara, Rabu (28/12). 

Menurut Alex, lemahnya efek OTT tercermin dari masih berlanjutnya tindak pidana korupsi di Indonesia. Dia mencontohkan, pada 2018 misalnya KPK melakukan operasi tangkap tangan hingga 30 kali. Alex menyebut, OTT justru membuat para koruptor lebih berhati-hati dan mengubah pola transaksi. 

"Bahkan tahun 2018 itu sampai 30 kali, itu terbanyak sepanjang sejarah KPK berdiri, toh tidak menghentikan para pelaku lain untuk tidak melakukan korupsi, utamanya suap kan begitu," ujar Alex lagi. 

Alex mengatakan, KPK tetap akan terus melakukan penindakan korupsi termasuk lewat OTT. Ia memastikan KPK akan memperbaiki sistem di internal untuk mengetahui pola-pola yang digunakan oleh para calon koruptor tersebut. Alex menegaskan bahwa sampai saat ini OTT masih efektif dilakukan sepanjang masyarakat masih menginformasikan dugaan adanya suap oleh para pejabat penyelenggara negara.

"Tentu kami tidak boleh diam juga, kami akan menindaklanjuti. Ini juga untuk membangun kepercayaan masyarakat. Kalau kami diam saja ketika ada informasi dari masyarakat, masyarakat tentu akan menjadi apatis. Percuma juga lapor ke KPK, informasinya sudah sedemikian terang tetapi kemudian kami tidak lanjuti," ujar Alex.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...