Paspampres Diduga Rusak Koreografi Jelang Jokowi Nonton Timnas

Andi M. Arief
6 Januari 2023, 16:35
timnas, jokowi, paspampres
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj.
Suporter Timnas Indonesia memberikan dukungan saat laga lanjutan Grup A Piala AFF 2022 melawan Timnas Filipina di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, Senin (2/1/2023).

Pendukung Tim Nasional Indonesia, La Grande Indonesia, tidak akan menghadiri laga semifinal leg 1 Indonesia melawan Vietnam. Pasalnya, Pasukan Pengaman Presiden atau Paspampres diduga menghancurkan kertas koreografi yang telah diletakkan di bangku tribun utara Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Dalam cuitannya, La Grande Indonesia menyatakan peralatan yang dimaksud adalah kertas-kertas koreografi yang membentuk tulisan Indonesia dari jarak jauh. Namun, Paspampres menilai dugaan perusakan tersebut harus dilihat seutuhnya,

"Tidak semuanya benar seperti itu," kata Komandan Paspampres Wahyu Hidayat Sudjatmiko kepada wartawan, Jumat (6/1).

Dalam akun Instagramnya, La Grande Indonesia mengatakan tujuan Paspampres menghancurkan kertas-kertas tersebut adalah bagian dari pengamanan Presiden Joko Widodo. Akun tersebut menuliskan banner dan kertas koreografi yang telah disiapkan sejak kemarin malam telah dibuang oleh Paspampres.

Akun tersebut menjelaskan bahwa semua atribut tersebut merupakan hasil dari sumbangan para suporter tim nasional. Atribut tersebut disiapkan lantaran laga melawan Vietnam telah ditunggu oleh 50.000 penontong yang akan hadir di SUGBK.

Atas perbuatan itu, La Grande Indonesia mengumumkan tidak akan menghadiri laga kontra Vietnam nanti sore. Namun pendukung tim nasional tersebut tetap berharap agar Skuad Garuda menang dalam pertandingan nanti.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...