Menilik Daftar Pemain Timnas Indonesia Piala AFF 2022

Ghina Aulia
23 Desember 2022, 20:20
Pemain Timnas Indonesia
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom.
Ilustrasi, pesepak bola Timnas Indonesia Pratama Arhan (kanan) menggiring bola dengan dibayangi pesepak bola Timnas Kamboja Lim Pisoth (kiri) dalam pertandingan Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (23/12/2022).

Kembali berlaga di Piala AFF Suzuki Cup 2022, Tim Nasional Sepak Bola Indonesia menggaet pemain handal dari berbagai klub kenamaan. Masih di bawah arahan Shin Tae-yong Indonesia membawa harapan besar untuk mencetak sejarah.

Hal tersebut lantaran Indonesia belum pernah sekalipun mendapatkan gelar Juara Piala AFF. Maka dari itu, banyak pemain bertalenta yang diturunkan ke lapangan. Berjumlah 23 orang, berikut ini adalah profil singkat pemain Timnas Indonesia yang berlaga di Piala AFF 2022.

Kiper

LATIHAN TIMNAS U-22
LATIHAN TIMNAS U-22 (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.)

1. Nadeo Argawinata

Pemain Timnas Indonesia ini merupakan pria kelahiran Kediri, Jawa Timur. Nadeo menyita perhatian penggemar ketika kerap berlaga untuk Timnas Indonesia. Diketahui bahwa pria bernomor punggung 1 ini bermain untuk Bali United. Sebelumnya Nadeo juga pernah bergabung dengan Borneo F.C.

2. Muhammad Riyandi

Pria jangkung ini memiliki tinggi 186 cm. Aktif menjadi kiper, Riyandi pernah bergabung dengan Barito Putera sebelum sekarang aktif bermain untuk Persis Solo.

3. Syahrul Trisna Fadillah

Menjadi bagian dari pemain Timnas Indonesia yang berlaga di AFF 2022, Syahrul Trisna memiliki catatan karir yang cukup gemilang. Tidak hanya sebagai pesepakbola, ternyata Trisna juga seorang anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan pangkat Sersan Dua.

Defender

1. Asnawi Mangkualam

Pemain Timnas Indonesia ini lahir di Makassar, Sulawesi Selatan. Tepatnya pada 4 Oktober 1999. Diketahui bahwa Asnawi bermain untuk klik K League 2, Ansan Greeners, dan aktif di Timnas Indonesia.

Tak hanya itu, Asnawi juga pernah bergabung dengan Persiba Balikpapan dan PSM Makassar. Melansir dari situs Soccer Way, Asnawi secara perdana masuk di tim senior pada tahun 2017. Kala itu, Asnawi bersama tim bertarung melawan Myanmar. Four Four Two juga menyebutkan bahwa Asnawi telah memecahkan rekor pemain Indonesia termuda, yaitu 17 tahun.

2. Jordi Amat Maas

Pemain Timnas Indonesia lahir di Canet de Mar, Spanyol. Namun Jordi merupakan atlet berkewarganegaraan Indonesia. Mengutip dari Kompas.com, Jordi memiliki darah Indonesia dari sang Nenek yang lahir di Makassar dan merupakan keturunan dari Raja dari Kerajaan Siau. Jordi pernah bergabung ke dalam Timnas untuk Piala Dunia U-17 FIFA dan berhasil menduduki tempat ke tiga.

3. Fachruddin Aryanto

Pria kelahiran 1989 ini merupakan pemain bek tengah sekaligus kapten di klub Liga 1 Madura United. Fachrudin pertama kali bermain di Timnas dan berlaga di pertandingan internasional ketika melawan Laos di Kejuaraan AFF 2012.

4. Rizky Ridho

Pesepak bola profesional ini merupakan pemain di klub Persebaya Surabaya. Masih tergolong muda, Rizky lahir pada tahun 2001. Rizky juga pernah bermain untuk Timnas Indonesia U-19 dan U-23.

5. Pratama Arhan

Pratama Arhan merupakan pemain Timnas Indonesia yang menjadi bagian dari klub Tokyo Verden. Diketahui bahwa nomor punggung Pratama adalah 38. Pratama juga pernah bermain beberapa klub lainnya. Di antaranya adalah SSB Putra Mustika, SSD Terang Bangsa, PSIS Semarang, dan PSIS Semarang.

6. Hansamu Yama

Mengutip dari situs Bola.net, sekarang Hansamu bermain untuk klub Bhayangkara Solo FC. Sebelum itu, Hansamu bergabung dengan SSB Mojokerto Muda, Deportivo Indonesia, Barito Putera, dan Persebaya Surabaya. Diketahui juga bahwa Hansamu secara perdana bermain untuk Timnas Indonesia pada tahun 2013.

7. Edo Febriansyah

Pemain bola kelahiran Kediri ini digaet oleh RANS Nusantara FC di Liga 1. Selain itu, Edo juga aktif bermain untuk Timnas Indonesia. Sebelumnya Edo juga pernah bermain untuk PPLP Jateng, PPLM Jateng, PS Bengkulu, Persiwa Wamena, Persik Kediri, dan Persita Tangerang.

Gelandang

PERSIAPAN TERAKHIR TIMNAS INDONESIA JELANG LAWAN KAMBOJA
PERSIAPAN TERAKHIR TIMNAS INDONESIA JELANG LAWAN KAMBOJA (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.)

1. Marc Klok

Pemain Timnas Indonesia ini juga turun lapangan untuk bermain di AFF 2022. Diketahui bahwa Klok merupakan atlet berdarah Bugis dan Belanda. Lahir di Amsterdam, Klok sekarang sudah resmi menjadi warga Indonesia setelah melalui proses naturalisasi pada tahun 2020.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...