Jadi Calon Waketum PSSI, Menpora Sebut Dirinya Tak Langgar Aturan

Andi M. Arief
25 Januari 2023, 16:35
pssi, waketum pssi, zainuddin amali
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom.
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali (tengah) bersama Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ferry Paulus (kanan), dan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Endri Erawan (kiri) memberikan keterangan kepada wartawan usai melakukan pertemuan di Kantor Kemenpora, Jakarta, Jumat (18/11/2022).

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan pencalonan dirinya sebagai Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2023-2027 bukan bentuk intervensi pemerintah dalam sepak bola nasional. Amali mengaku telah mendapatkan restu Presiden Joko Widodo untuk maju.

"Intervensi pemerintah itu kalau pemerintah mengatur kompetisi, ini tidak. Pemilihan Wakil Ketua Umum PSSI ini terbuka dan tidak ada aturan yang dilanggar baik statuta FIFA maupun aturan PSSI," kata Amali di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (25/1).

Politisi Golkar tersebut mengatakan pemerintah sejauh ini konsisten menyerahkan semua aspek tentang pertandingan sepak bola kepada PSSI. Pemerintah hanya akan memfasilitasi industri sepak bola nasional jika ada masalah.

Amali mencontohkan upaya pemerintah dalam menggerakkan kembali Liga 2 sepak bola di dalam negeri. Seperti diketahui, PSSI telah resmi menghentikan Liga 2 musim 2022/2023. Salah satu alasannya adalah permintaan dari klub dan operator pertandingan, yakni PT Liga Indonesia Baru atau LIB.

Dia telah mengundang LIB untuk merapatkan kelangsungan Liga 2 musim 2022/2023 bersama para klub. Amali menyatakan telah menyerahkan hasil rapat tersebut kepada Jokowi.

Selain itu, dia mencontohkan fasilitasi yang dimaksud adalah menyediakan arena dalam ajang Piala Dunia U-20 FIFA. Sebagai informasi, pemerintah telah merenovasi empat dari lima stadion yang akan dipakai menjadi tempat pertandingan Piala Dunia U-20 FIFA.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...