Menkop Teten Sebut Akar Masalah KSP Indosurya: Praktik Shadow Banking

Andi M. Arief
15 Februari 2023, 13:50
ksp indosurya, koperasi, teten masduki
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/hp.
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki (kanan) mengamati produk kacang kapri saat mengunjungi salah satu toko oleh-oleh khas Bali di Kuta, Badung, Bali, Kamis (26/1/2023) malam.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki mengatakan Koperasi Simpan Pinjam atau KSP Indosurya sebenarnya melakukan tindak pidana perbankan. Secara sederhana, pemerintah menilai KSP Indosurya melakukan praktik shadow banking.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki menjelaskan praktik shadow banking yang dilakukan KSP Indosurya adalah menjadikan uang tabungan anggota sebagai investasi di perusahaan sekuritas. Selain itu, KSP Indosurya membukukan tabungan anggota tersebut sebagai deposito.

Advertisement

"Karena badan hukumnya koperasi tapi melakukan praktik shadow banking, ini lolos dari pengawasan Otoritas Jasa Keuangan," kata Teten di Kantor Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Rabu (15/2).

Teten menyampaikan praktik shadow banking tersebut juga menjadi penyebab pengembalian dana ke anggota terhambat. Ini karena KSP Indosurya menginvestasikan dana anggota, aset Indosurya saat ini sebenarnya tidak dimiliki KSP.

Akan tetapi, Teten menyebutkan fakta tersebut belum terungkap secara definitif lantaran aset KSP Indosurya digelapkan secara mandiri. Pada saat yang sama, pengawasan pemerintah ke koperasi lemah mengingat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian mengatur koperasi mengawasi dirinya sendiri.

Alhasil, proses pengembalian dana anggota melalui proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang atau PKPU tidak efektif. Teten mengatakan total aset yang tercatat baru mencapai 15 persen.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement