Nicke: Pertamina Tanggung Biaya Perawatan Korban Insiden Depo Plumpang

Happy Fajrian
4 Maret 2023, 18:59
pertamina, nicke widyawati, depo pertamina plumpang, depo bbm pertamina
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.
Warga berfoto tak jauh dari permukiman yang hangus terbakar dan hancur pascakebakaran Depo Pertamina Plumpang di Jalan Koramil, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta, Sabtu (4/3/2023).

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menegaskan bahwa seluruh biaya perawatan korban insiden kebakaran terminal BBM Plumpang akan ditanggung hingga korban sembuh dan dapat beraktivitas seperti sedia kala. Pertamina juga akan memberikan santunan kepada keluarga korban yang meninggal.

“Pertamina bertanggung jawab sepenuhnya atas seluruh biaya pengobatan dan santunan kepada korban yang meninggal dan korban yang dalam perawatan. Seluruh biaya sampai sembuh hingga pulang akan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pertamina,” kata Nicke dalam konferensi pers yang ditayangkan Kompas TV, Sabtu (4/3).

Selain itu, tambah Nicke, Pertamina juga akan memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat yang harus tinggal di posko-posko pengungsian lantaran rumahnya terdampak ledakan dan kebakaran. “Kami pastikan seluruh kebutuhannya akan kami penuhi,” ujarnya.

Nicke menyampaikan, menurut perkembangan terakhir, jumlah korban meninggal dunia akibat insiden yang terjadi Jumat (4/3) malam tersebut telah mencapai 19 orang dan sebanyak 35 korban dirawat di rumah sakit.

Menurut Nicke, Pertamina telah berkoordinasi dengan aparat hukum untuk melakukan evaluasi dan investigasi lebih lanjut untuk mengetahui penyebab kebakaran dan menjadi masukan agar tidak terjadi lagi di kemudian hari

“Fokus kami saat ini adalah bagaimana bisa menangani korban dengan sebaik-baiknya. Mengenai evaluasi yang lain termasuk mengenai relokasi dan juga penyebab kebakaran tentunya nanti kita perlu lihat apalagi saat ini masih tahap investigasi oleh pihak kepolisian,” ujarnya.

Di samping itu, dia juga memastikan suplai BBM dan LPG kepada masyarakat tidak akan terganggu dengan telah beroperasinya TBBM Plumpang pada pukul 04.00 WIB. Pasokan BBM juga di-back up dari TBBM lainnya.

“Dengan telah padamnya api maka tadi pagi TBBM ini sudah mulai dioperasikan kembali, namun pipa yang terbakar tidak kami operasikan terlebih dahulu untuk diperbaiki. Pasokan BBM di-back up dari TBBM terdekat, kami juga memonitor di seluruh SPBU dipastikan tidak ada antrian,” ujarnya.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...