Mantan Bupati Sidoarjo Kembali Ditahan KPK Usai Setahun Bebas

Ade Rosman
7 Maret 2023, 20:22
kpk, bupati sidoarjo, gratifikasi
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/tom.
Mantan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah menaiki mobil tahanan dengan menggunakan rompi oranye usai menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (7/3/2023).

Mantan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah ditahan sebagai tersangka kasus gratifikasi di Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Saiful kembali menjadi tersangka berdasarkan fakta persidangan yang ditemukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada perkara yang menjeratnya sebelumnya.

Saiful sebelumnya tersandung perkara penerimaan suap terkait pembangunan proyek infrastruktur di lingkungan Pemkab Sidoarjo. Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menjelaskan pihaknya telah menemukan adanya bukti permulaan yang cukup sehingga meningkatkan status perkara tersebut ke penyidikan.

"Untuk kepentingan penyidikan, tim penyidik menahan tersangka SI untuk 20 hari pertama, terhitung mulai tanggal 7 Maret 2023 sampai dengan 26 Maret 2023 di Rutan KPK pada gedung Merah Putih," kata Alex, dalam konferensi pers di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (7/3).

Alex mengatakan, Saiful selama menjabat sebagai Bupati Sidoarjo pada periode 2010 - 2015 dan 2016 - 2021 diduga banyak menerima pemberian gratifikasi dalam bentuk uang maupun barang. Pemberian tersebut  seolah-olah diatasnamakan sebagai hadiah ulang tahun, uang lebaran, hingga fee atas penandatangan sidang peralihan tanah gogol gilir.

"Saat ini besaran gratifikasi yang diterima sejumlah sekitar Rp 15 Miliar," kata Alex.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...