Wapres Temukan Polarisasi Jelang 2024, Tempat Ibadah Dipakai Kampanye

Andi M. Arief
13 Maret 2023, 14:06
wapres, polarisasi, pemilu 2024
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman
Wakil Presiden Maruf Amin (kedua kiri) dan rombongan melihat artefak peninggalan Rasulullah SAW dan para sahabat Nabi saat membuka Festival Jelajah Nusantara (FJN) Di Museum Situs Kepurbakalaan Kesultanan Banten, di Serang, Minggu (16/2/2020).

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan polarisasi sosial akibat Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 sudah mulai terlihat. Oleh karena itu, Wapres Ma'ruf mengimbau para perangkat Pemilu agar pengalaman politik identitas pada Pemilu 2019 tidak terulang.

Ma'ruf menilai pakta integritas antar partai politik dapat menjadi salah satu jalan untuk mencegah polarisasi tersebut. Pasalnya, polarisasi tersebut telah dilakukan oleh sebagian pihak.

"Saya kira sudah ada polarisasi menuju Pemilu 2024, sudah pernah dilihat prakteknya. Misalnya, memakai masjid sebagai tempat kampanye, itu salah satu indikasi," kata Wapres Ma'ruf di sela-sela "Dialog Kebangsaan Bersama Partai Politik dalam Rangka Persiapan Pemilu 2024", Senin (13/3).

Ma'ruf berpendapat hal tersebut dapat menyebar ke tempat ibadah agama lain. Selain itu, kampanye di tempat ibadah dinilai dapat menyebar ke tempat-tempat pendidikan jika tidak dicegah.

"Nanti pembelahan bukan hanya terjadi di masyarakat, tapi juga di dalam pesantren, masjid, tempat-tempat ibadah," kata Ma'ruf.

Ma'ruf mengakui tujuan partai politik menjadi peserta Pemilu adalah menjadi pemenang. Namun Ma'ruf mengingatkan para politikus untuk tidak menimbulkan perpecahan di masyarakat.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...