Pemerintah Akan Mudahkan Peserta Kartu Prakerja dapat Modal Usaha

Andi M. Arief
15 Maret 2023, 17:20
kartu prakerja, airlangga, modal
Prakerja
Kartu Prakerja

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mendorong program Kartu Prakerja untuk memperluas cakupan layanannya. Airlangga berharap agar Kartu Prakerja bisa memperluas layanan dengan menghubungkan fasilitas pendanaan hingga lowongan kerja.

Airlangga mendata hampir 20 persen dari total alumni program Kartu Prakerja menjadi pengusaha. Menurutnya, data tersebut dapat ditindaklanjuti dengan menyediakan bantuan pembiayaan dana murah untuk para calon pengusaha.

"Saya minta agar ini bisa didorong agar alumni prakerja yang sudah lulus bisa dilacak, sehingga tidak lepas dari pengawasan Kartu Prakerja," kata Airlangga dalam  acara "Tiga Tahun Kartu Prakerja: Gebrakan Inovasi Pelayanan Publik," Rabu (15/3).

Airlangga mendorong agar Kartu Prakerja tersambung program kredit bantuan pemerintah, seperti Kredit Usaha Rakyat, Pembiayaan Ultra Mikro, dan Pembiayaan Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera.

Ia mencontohkan alumni Kartu Prakerja bisa mendapatkan KUR dengan bunga tiga persen untuk kredit di bawah Rp 10 juta tanpa jaminan. Sementara itu, bunga untuk nilai kredit Rp 10 juta sampai Rp 100 juta naik menjadi enam persen tanpa agunan.

Airlangga menilai alumni Kartu Prakerja akan lebih mudah mendapatkan pembiayaan tersebut lantaran telah dijamin memiliki data yang baik. Sebagai informasi, perbankan harus memverifikasi data calon nasabah kredit sebelum menyalurkan kredit.

"Kalau kita masuk ke dalam ekosistem pembiayaan, berarti kita mulai dari hulu sampai hilir," kata Airlangga.

Di sisi lain, Airlangga juga mendorong Kartu Prakerja untuk bekerja sama dengan pencari kerja. Dengan demikian, program ini dapat sesuai dengan kebutuhan industri.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Mohammad Rudy Salahuddin mengatakan penyambungan ke bantuan pembiayaan tersebut akan dilakukan tahun ini.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...