Krakatau Steel dan Chandra Asri Sepakat Bangun Pelabuhan di Cilegon

Ira Guslina Sufa
22 Maret 2023, 13:05
Krakatau Steel dan Chandra Asri bangun pelabuhan di Cilegon
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Kapal bermuatan peti kemas (kiri) meninggalkan Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta Utara, Rabu (15/3/2023).

Dua perusahaan raksasa Tanah Air PT Krakatau Steel Tbk (KRAS)  dan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) segera memulai pembangunan pelabuhan Warnasari di Cilegon, Banten. Pembangunan dimulai setelah kedua perusahaan menandatangani kesepakatan bersama atau MoU dengan Wali Kota Cilegon Helldy Agustian pada Selasa (21/3).

Penandatanganan nota kesepahaman itu merupakan tindak lanjut dari penjajakan yang telah dimulai sejak Maret 2022 lalu. MoU diteken setelah dilakukan pertemuan tripartit antara pemerintah kota dan pimpinan Krakatau Steel dan pimpinan Chandra Asri. Kedua perusahaan merupakan emiten yang wilayah operasionalnya berada di Cilegon. 

Advertisement

“Penandatangan MoU ini merupakan tindaklanjut dari pertemuan dan perjanjian sebelumnya,” ujar Wali Kota Cilegon Helldy Agustian dalam keterangan resmi yang diterima Rabu (22/3). 

Helldy menjelaskan berdasarkan nota kesepahaman yang sudah dibuat para pihak akan melakukan kajian secara bersama termasuk perhitungan anggaran pembangunan Pelabuhan Warnasari. Kajian akan mencakup kedalaman laut hingga penghitungan Detail Engineering Design. 

“Pokoknya, harus ada action setelah ini,” ujar Helldy.  

Presiden Direktur Chandra Asri Erwin Saputra menjelaskan saat ini perusahaan belum memutuskan nilai investasi yang akan ditanamkan. Sedangkan Direktur Utama Krakatau Steel Purwono Widodo menyatakan kesamaan visi menjadi alasan utama perusahaan menyetujui kerjasama pembangunan pelabuhan Warnasari. 

“Pemkot Cilegon, PT Krakatau Steel dan PT Chandra Asri sama-sama ingin punya pelabuhan maka kita koordinasikan, jadi tentu itu lebih bagus,” ujar Purwono. 

Ia mengatakan pelabuhan memiliki potensi yang besar untuk menggerakkan gairah industri di Kota Cilegon. Apalagi keberadaan pelabuhan bisa mendukung perkembangan pada industri baja dan petrochemical di Cilegon.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement