Menkes Serahkan DIM RUU Kesehatan ke DPR, Isinya 3.000 Poin

Andi M. Arief
5 April 2023, 16:58
ruu kesehatan, dpr, omnibu law
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan paparan dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (28/3/2023).

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin telah menyerahkan Daftar Inventaris Masalah atau DIM terkait Revisi Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Total DIM yang diserahkan mencapai 3.020 buah.

Budi mencatat sebanyak 1.037 merupakan DIM tetap dan selebihnya merupakan DIM perubahan. Secara rinci, sebanyak 1.584 DIM yang diserahkan ke legislator merupakan DIM yang mengubah substansi.  Sedangkan, sebanyak 399 DIM merupakan perubahan redaksional.

"Kami memiliki masukan sekitar 6.000 masukan yang bisa kami saring dari partisipasi publik. Sebanyak 75 persen kami tindaklanjuti," kata Budi di Kompleks Gedung DPR, Rabu (5/4).

Dengan kata lain, sekitar 4.500 masukan masyarakat diterima oleh pemerintah. Semua masukan tersebut diolah menjadi DIM lantaran sebagian terlalu detail.

Menkes berencana mengakomodasi sebagian masukan yang diterima dengan memasukkannya ke aturan turunan RUU Kesehatan. Masukan tersebut didapatkan dari 115 kegiatan partisipasi publik yang melibatkan sekitar 72.000 peserta.

Berdasarkan paparan Kementerian Kesehatan, DIM terbanyak ada pada Bab VII tentang Sumber Daya Manusia Kesehatan atau mencapai 930 buah. Sebanyak 619 DIM merupakan DIM perubahan substansi dan 239 DIM adalah DIM tetap.

Sementara itu, bagian RUU yang paling sedikit mendapatkan DIM adalah BAB XV tentang Partisipasi Masyarakat. Bab tersebut hanya mendapatkan dua DIM perubahan substansi dan tiga DIM tetap.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...