Bansos Ayam dan Telur untuk 1,4 Juta Keluarga Disalurkan Bulan Ini

Nadya Zahira
6 April 2023, 13:14
Pekerja mengangkat kemasan berisi telur ayam di salah satu toko di Kota Medan, Sumatera Utara, Selasa (21/3/2023).
ANTARA FOTO/Yudi/aww.
Pekerja mengangkat kemasan berisi telur ayam di salah satu toko di Kota Medan, Sumatera Utara, Selasa (21/3/2023).

Pemerintah akan menyalurkan bantuan sosial atau bansos berupa ayam dan telur kepada sekitar 1,4 juta keluarga penerima manfaat atau KPM yang memiliki balita dan anak berpotensi stunting. Penyaluran bansos tersebut rencananya dilakukan minggu kedua atau ketiga pada April 2023.

"Kita berharapnya bisa disalurkan pada minggu kedua atau ketiga di bulan ini. Untuk penerimanya itu datanya dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional atau BKKBN karena programnya untuk menekan stunting," ujar Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi, kepada awak media di Komplek Pergudangan Bulog Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (6/4)

Arief mengatakan, setiap keluarga akan menerima sekitar 1 kg atau 10 butir telur per bulan. Penerima juga akan mendapatkan masing-masing 1 kg daging ayam per bulan.

"Jadi sekarang yang sedang kita kerjakan adalah membuat regulasinya untuk bansos ayam dan telur tersebut. Kemudian kita akan buat dan siapkan petunjuk pelaksanaannya," ujarnya.

Berdampak dari Hulu ke Hilir

Arief menuturkan, program bansos ini sangat diperlukan masyarakat meskipun jumlah penerimanya tidak sebesar bansos beras. Sebagai informasi, bansos beras akan disalurkan pada 21,3 juta keluarga.

Dia mengatakan, bansos ayam dan telur itu berdampak dari hulu dan hilir. Dari sisi hulu akan memberikan manfaat kepada petani dan peternak ayam yang ada di Indonesia. Sedangkan di sisi hilirnya juga bisa membantu masyarakat yang memerlukan, serta secara bersamaan dapat menjaga inflasi.

Adapun uang negara yang dipakai untuk bansos ayam dan tersebut sebesar Rp 460 miliar. Nantinya, Bulog akan menagih kepada Kementerian Keuangan untuk biaya keseluruhan penyaluran bansos mulai dari beras, ayam dan telur yang diperkirakan antara Rp 7,8 triliun sampai dengan Rp 7,9 triliun. Dana itu sudah termasuk biaya distribusi. 

Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional mencatat rata-rata harga daging ayam ras segar (per kg) harian di pasar modern di beberapa provinsi telah menyentuh angka Rp 40,71 ribu per kg, data per Jumat, 31 Maret 2023. Secara keseluruhan, rata-rata minggu ini naik dibandingkan rata-rata minggu sebelumnya yang tercatat Rp. 40,24 ribu per kg.

Berikut 10 provinsi dengan harga daging ayamn tertinggi, seperti tertera dalam grafik.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...