Anas Urbaningrum Bebas Hari Ini, Akan Berpidato di Depan Simpatisan

Ameidyo Daud Nasution
11 April 2023, 11:11
anas urbaningrum, demokrat, sukamiskin
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Mantan Ketua Fraksi Partai Demokrat Anas Urbaningrum (tengah) bersama Mantan Ketua Fraksi Partai Golkar Setya Novanto (kanan) dan Mantan Sekretaris Fraksi Partai Golkar Ade Komarudin (kiri) bersiap menjadi saksi dalam sidang kasus dugaan korupsi pengadaan e-KTP dengan terdakwa Irman dan Sugiharto di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (6/4).

Anas Urbaningrum dijadwalkan akan bebas dari Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin Bandung hari ini. Mantan Ketua Umum Partai Demokrat ini dijadwalkan akan menghirup udara bebas pada pukul 14.00 WIB.

Adik Anas, Anna Lutfie mengatakan kakaknya akan disambut oleh 2.000 simpatisan yang hadir. Setelah itu, Anas akan memberikan pidato dan akan menggelar buka puasa bersama.

"Kemudian akan ada diskusi sampai jam 21.00 WIB, lalu bergerak menuju Blitar (kampung halaman Anas)," kata Anna pada Senin (10/4) dikutip dari Antara.

Anas divonis delapan tahun penjara dalam kasus korupsi pembangunan proyek Hambalang. Awalnya, ia dijatuhi hukuman 14 tahun penjara, namun berhasil dipotong usai mengajukan kasasi.

Sedangkan waktu pembebasan Anas juga mundur sehari dari jadwal awalnya yakni Senin (10/4). Beberapa kelompok yang akan menyambut Anas keluar dari bui antara lain Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Kelompok Cipayung, Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Nasional dan Jawa Barat, hingga Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI).

"Bebasnya Mas Anas merupakan peristiwa yang menggembirakan bagi keluarga besar HMI," kata Koordinator Nasional Sahabat Anas Urbaningrum Muhammad Rahmad pada Rabu (5/4).

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...