Tiket Kereta Mudik Terjual 71%, Ini Daftar Rute yang Masih Tersedia

Nadya Zahira
17 April 2023, 09:06
kereta, tiket kereta, mudik
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.
Porter membantu pemudik meletakkan barang bawaan di dalam gerbong KA Argo Sindoro di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (14/4/2023).

PT Kereta Api Indonesia telah menjual 2.170.643 tiket Kereta Api (KA) Jarak Jauh. Jumlah tersebut setara 71% dari total tiket yang disiapkan untuk keberangkatan masa angkutan Lebaran 2023.

Tiket KA Jarak Jauh itu disediakan sebanyak 3.065.404. Adapun jumlah tersebut berdasarkan data yang dihimpun per Minggu, (16/4) pukul 07.00 WIB.

"Jumlah tersebut masih akan bertambah, karena penjualan masih terus berlangsung," uja VP Public Relations KAI, Joni Martinus dalam keterangan tertulis, Senin (17/4).

Joni mengatakan rute favorit pemudik didominasi oleh penumpang dari arah Barat (Jakarta / Bandung), menuju arah Timur (Jawa Tengah dan Jawa Timur). Sedangkan untuk periode setelah Lebaran didominasi oleh penumpang dari arah Timur (Jawa Tengah / Jawa Timur), menuju arah Barat (Jakarta / Bandung).

Rute perjalanan kereta api yang okupansinya mencapai 100% yaitu, KA Airlangga (Pasar Senen - Surabaya Pasarturi pp), KA Sri Tanjung (Lempuyangan - Ketapang pp), KA Kahuripan (Kiaracondong - Blitar pp), KA Pasundan Tambahan (Kiaracondong - Surabaya Gubeng pp), dan KA Rajabasa (Kertapati - Tanjungkarang pp).

Selanjutnya, ada KA Bengawan (Pasar Senen - Purwosari pp), KA Probowangi (Surabaya Gubeng - Ketapang pp), KA Bukit Serelo (Kertapati - Lubuklinggau pp), KA Tawang Alun (Malang Kota Lama - Ketapang pp), KA Ranggajati (Cirebon - Jember pp), KA Jayabaya (Pasar Senen - Malang pp), dan lainnya.

Adapun perjalanan Kereta Api Jarak Jauh yang masih tersedia tiketnya di periode angkutan Lebaran 2023, juga masih banyak. Sejumlah rute yang masih tersedia adalah

KA Argo Bromo Anggrek (Gambir - Surabaya Pasarturi pp)

KA Argo Dwipangga (Gambir - Solo Balapan pp)

KA Argo Parahyangan (Gambir - Bandung pp)

KA Sembrani (Gambir - Surabaya Pasarturi pp)

KA Taksaka (Gambir - Yogyakarta pp)

KA Purwojaya (Gambir - Cilacap)

KA Senja Utama Yk (Pasarsenen - Yogyakarta pp)

Sementara berdasarkan tanggal keberangkatan, tiket KA Jarak Jauh yang menjadi favorit dipesan di antaranya yaitu:

1. Tanggal 24 April 2023 = 94%

2. Tanggal 25 April 2023 = 92%

3. Tanggal 19 & 20 April 2023 = 91%

KAI mengharapkan masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket KA masa angkutan Lebaran masih cukup tersedia. Jika tiket yang diinginkan habis, pelanggan bisa memilih tanggal alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access.

“Pelanggan dapat terbantu opsi perjalanan dengan kombinasi jadwal kereta yang bersifat persambungan,” ujar Joni.

Selain itu, Joni juga menghimbau kepada seluruh penumpang kereta api agar dapat mengalokasikan waktu yang cukup saat menuju ke stasiun keberangkatan. Hal ini sebagai upaya agar tidak tertinggal kereta.

Reporter: Nadya Zahira

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...