Kemenhub Sediakan Tiket Kereta Api Mudik Lebaran Mulai Rp 10.000

Tia Dwitiani Komalasari
14 April 2023, 09:05
Petugas melakukan perawatan lokomotif kereta api di Depo Lokomotif Medan, Sumatera Utara, Selasa (11/4/2023). PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre I Sumatera Utara mempersiapkan 31 lokomotif yang akan digunakan pada 38 perjalanan dengan kapasitas penumpang
ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/rwa.
Petugas melakukan perawatan lokomotif kereta api di Depo Lokomotif Medan, Sumatera Utara, Selasa (11/4/2023). PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre I Sumatera Utara mempersiapkan 31 lokomotif yang akan digunakan pada 38 perjalanan dengan kapasitas penumpang sebanyak 384.340 kursi selama masa mudik Lebaran 2023.

Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan atau DJKA Kemenhub membuka peluang bagi masyarakat umum yang tidak terdaftar program Angkutan Motor Gratis (MOTIS) untuk membeli tiket penumpang yang dialokasikan secara khusus pada program tersebut. Tiket tersebut akan dijual Rp 10.000-Rp 20.000.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Djarot Tri Wardhono mengatakan besarnya antusiasme masyarakat yang masih mencari tiket kereta api untuk mudik mendorong DJKA untuk membuka kuota penumpang pada program MOTIS agar dapat diakses oleh lebih banyak masyarakat .

Advertisement

“Saat ini tiket penumpang untuk program MOTIS sudah dapat diakses oleh masyarakat pada aplikasi penjualan tiket kereta api yang disediakan oleh operator dan akan terus kami update secara berkala menyesuaikan ketersediaan tiket yang masih tersisa,” tutur Djarot dalam keterangan tertulis, Jumat (14/4).

Adapun kuota tiket penumpang yang telah disediakan oleh DJKA untuk program MOTIS tahun 2023 adalah sebanyak 46.720 tiket penumpang. Sementara kuota motor yang disediakan dalam program MOTIS mencapai 10.440 kuota motor.

Per tanggal 13 April 2023, kuota tiket penumpang yang sudah terpakai untuk program MOTIS mencapai 9.208 tiket dan kuota motor yang terpakai sudah mencapai 6.330.

“Supaya kuota tiket penumpang MOTIS dapat seluruhnya dimanfaatkan oleh penumpang, kami memutuskan untuk menyediakan tiket yang tersisa agar dapat dijual oleh operator kepada masyarakat,” sebut Djarot.

Djarot menambahkan, tiket kereta penumpang khusus program MOTIS ini dapat dibeli oleh masyarakat dengan harga yang sangat murah, mulai dari Rp. 10.000 hingga Rp. 20.000 saja. Tiket penumpang MOTIS ini dijual lebih murah karena mendapat dukungan subsidi passenger service obligation (PSO) dari DJKA.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement