Deforestasi di Kalimantan Mengancam Tiga Spesies Tanaman Langka

Image title
22 April 2023, 13:45
deforestasi, tanaman, tanaman langka
Pinterest
Ilustrasi, Vatica Havilandii, salah satu spesies tanaman langka yang terancam punah.

Deforestasi yang diakibatkan aktivitas perkebunan dan penebangan yang agresif di bagian barat Kalimantan dinilai memperburuk risiko kepunahan tiga spesies tanaman endemik. Hal ini didasarkan oleh hasil penelitian yang dilakukan oleh sejumlah peneliti.

Sekelompok peneliti telah melaporkan bahwa tiga spesies tanaman langka di Kalimantan, yakni Vatica Rynchocarpa, Vatica Havilandii dan Vatica Cauliflora, yang ditemukan di fragmen hutan di sepanjang hulu Sungai Kapuas di Provinsi Kalimantan Barat, terancam oleh pertanian skala kecil, pertanian industri. dan ekstraksi kayu.

Petak-petak hutan riparian ini tidak dilindungi, karena telah ditetapkan sebagai "penggunaan lain", menjadikannya tersedia untuk pengembangan apa pun dan kemungkinan besar akan mengalami deforestasi lebih lanjut. Ini tertulis dalam laporan yang dimuat dalam Journal for Nature Conservation.

"Saya kira ini bukan penelitian pertama tentang spesies tumbuhan di Kalimantan, tetapi penelitian kami adalah penelitian populasi pertama tentang tiga spesies yang terancam punah dan salah satunya sangat endemik, di habitat aslinya," kata Enggal Primananda, peneliti hutan di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dikutip dari Mongabay, Sabtu (22/4).

Ia menjelaskan, kajian populasi tiga spesies Vatica dari International Union for Conservation of Nature (IUCN) mendorong timnya untuk melakukan studi lapangan.

Daftar Merah Spesies Terancam Punah IUCN menunjukkan, Vatica Rynchocarpa terancam punah, karena spesies tanaman ini telah menghadapi penurunan populasi hingga 70% dalam satu dekade terakhir. Sedangkan, Vatica Havilandii dan Vatica Cauliflora terancam punah.

Sebagai informasi, Vatica Cauliflora hanya dapat ditemukan di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Sedangkan dua lainnya masih dapat ditemukan di hutan di wilayah Malaysia dan Brunei.

Vatica Cauliflora biasanya juga tumbuh di lahan kering yang disukai masyarakat untuk diubah menjadi perkebunan, seperti karet (Hevea Brasiliensis) dan tanaman obat kratom (Mitragyna Speciosa). Survei populasi baru-baru ini, menemukan total 179 individu dari spesies tanaman tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...