Arus Mudik Lebaran, Penumpang Pesawat di Bandara Soetta Naik 25%

Lavinda
Oleh Lavinda
25 April 2023, 22:06
arus mudik
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/YU
Sejumlah penumpang pesawat berjalan keluar terminal saat di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (25/4/2023).

Kementerian Perhubungan melaporkan jumlah pergerakan penumpang di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, pada masa arus mudik Lebaran 2023 meningkat 25% dibandingkan jumlah penumpang pada tahun lalu.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, kebijakan pada arus mudik tahun ini membuat pelaksanaannya berjalan relatif lancar. Salah satunya ialah kebijakan memajukan libur cuti bersama, sehingga waktu arus mudik menjadi lebih panjang.

“Jadi meski lonjakan penumpang tinggi dengan tingkat okupansi 90% lebih, bisa tertangani dengan baik. On Time Performance (OTP) atau ketepatan waktu juga terjaga dengan baik,” ujar Budi saat meninjau penanganan penumpang pesawat pada arus balik di Bandara Soekarno Hatta, Selasa (25/4) atau H+2 Lebaran.

Menurut Budi, peningkatan pergerakan penumpang dan pesawat pada arus mudik tahun ini menjadi kabar baik bagi kebangkitan industri penerbangan nasional, setelah sempat terdampak pandemi Covid 19.

“Walaupun belum sama dengan tahun 2019, tetapi secara ekonomi sudah terjadi pergerakan yang memberikan manfaat bagi operator bandara dan maskapai. Ini berita baik buat kita,” katanya.

Budi memaparkan, harga tiket pesawat selama arus mudik masih dalam batas wajar dan tidak melebih tarif batas atas yang telah ditentukan. Untuk itu, Budi mengapresiasi pengelola bandara yang dianggap mengelola lonjakan penumpang pesawat dengan baik. Budi juga mengapresiasi maskapai penerbangan yang dianggap kooperatif menjaga tarif sesuai anjuran pemerintah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...