Usai Bertemu Golkar dan PAN, PPP Buka Kans KIB Plus Terbentuk

Ade Rosman
28 April 2023, 06:39
ppp, golkar, pan, kib
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/tom
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) bersama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (tengah) dan Plt Ketua Umum PPP Mardiono (kanan) memberikan keterangan kepada wartawan saat silaturahmi Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di kediaman Airlangga Hartarto, di Jakarta, Kamis (27/4/2023).

Tiga partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menyatakan koalisi tersebut tidak bubar. Mereka bahkan membuka kemungkinan adanya partai lain yang akan bergabung jika mendukung calon presiden yang sama. 

KIB terdiri dari Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). PPP saat ini sudah resmi mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai capres. 

Pelaksana tugas Ketua Umum PPP Mardiono mengatakan dukungannya kepada Ganjar merupakan bentuk mekanisme dari partai masing-masing dan telah disepakati oleh ketiga pihak di KIB. Jika nantinya memiliki pilihan calon presiden yang sama, maka membuka potensi terbentuknya KIB yang lebih luas.

“Manakala nanti pilihannya sama, itu nanti jadi koalisi ‘plus’,” kata Mardiono usai pertemuan KIB di kediaman Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, di Jalan Widya Candra III, Jakarta Selatan, Kamis (27/4).

Senada dengan Mardiono, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengungkapkan akan ada komunikasi lanjutan terkait koalisi yang lebih besar. Hal tersebut, kata Airlangga, merupakan Langkah lanjutan dari pertemuan beberapa ketua umum partai pendukung pemerintah yang dilakukan beberapa waktu lalu.

“Koalisi besar atau koalisi kebangsaan tentu akan terus ada pembahasan lanjutan dari pertemuan yang lalu,” kata Airlangga.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...