Lemhannas Sebut Pemilu 2024 Bisa Pengaruhi Pemilu AS, Seperti Apa?

Andi M. Arief
4 Mei 2023, 17:07
lemhannas, digital, pemilu 2024
Katadata
Gubernur Lemhanas Andi Widjajanto saat pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Senin (21/2)

Gubernur Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhannas) Andi Widjajanto menilai Pemilihan Umum 2024 berpotensi menjadi ajang uji coba platform digital. Pertempuran tersebut berpotensi mempengaruhi pemilihan umum di negara lain.

Andi menduga perusahaan penyedia platform akan menjadikan Pemilu 2024 ajang meluncurkan algoritma baru. Algoritma ini nantinya akan digunakan dalam Pemilu Amerika Serikat tahun depan.

Advertisement

Andi menilai hal tersebut mungkin terjadi melihat hasil Pemilu Filipina pada 2022 yang dipengaruhi oleh Tiktok. Ia memberikan contoh, narasi oleh Tim Kampanye Presiden Ferdinand Marcos Junior di Tiktok membuatnya memenangkan suara hingga 60%.

"Jadi, Pemilu di Indonesia menjadi laboratorium terbaik untuk perusahaan untuk meluncurkan platform baru," kata Andi dalam agenda Menangkal Disinformasi Di Tahun Politik yang digelar Katadata Indonesia, Kamis (4/5).

Andi mengamati setidaknya ada dua narasi yang disebarkan oleh Presiden Marcos pada Pemilu 2022. Pertama,  Ferdinand Marcos dan Imelda Marcos adalah pemimpin hebat yang disegani dunia.

Narasi tersebut diolah dengan gambar, video, dan teks yang menunjukkan kedekatan Presiden Marcos dengan pemimpin dunia, seperti Paus Jorge Mario Bergoglio, Presiden Ronald Reagan, hingga Presiden Soeharto.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement