PUPR Bakal Perbaiki Jalan Rusak di Lampung Mulai Juli 2023

Intan Nirmala Sari
6 Mei 2023, 13:27
Mobil dinas Presiden Joko Widodo melintas di jalan yang rusak saat meninjau jalan rusak di Kampung Rama Nirwana, Seputih raman, Lampung Tengah, Lampung, Jumat (5/5/2023). Presiden Jokowi mengucurkan dana Rp800 miliar untuk memperbaiki jalan rusak di Provi
ANTARA FOTO/Ardiansyah/aww.
Mobil dinas Presiden Joko Widodo melintas di jalan yang rusak saat meninjau jalan rusak di Kampung Rama Nirwana, Seputih raman, Lampung Tengah, Lampung, Jumat (5/5/2023). Presiden Jokowi mengucurkan dana Rp800 miliar untuk memperbaiki jalan rusak di Provinsi Lampung.

KementerianPekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan memulai pengerjaan sejumlah ruas jalan yang rusak berat di Lampung mulai Juli 2023. Presiden Jokowi memerintahkan Kementerian PUPR membangun jalan rusak di Lampung setelah kunjungan kerja di Kabupaten Lampung Selatan, pada Jumat lalu. 

"Perbaikan ruas jalan di Lampung akan dilakukan pengerjaannya pada Juli, sebab sudah dilakukan penetapan di Juni dan mulai akhir Mei ini sudah mulai proses lelang atau tander dahulu," kata Basuki Hadimuljono, di Lampung Tengah, Jumat (5/5) malam.

PUPR memperkirakan 15 ruas jalan rusak berat di Lampung dapat lebih cepat dilaksanakan."Sebelum viral (jalan rusak di Lampung) Presiden sudah ada programnya sehingga bisa memerintahkan cepat dan ini akan kita lelang pada Mei," katanya.

Presiden Jokowi telah mengeluarkan instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah pada 16 Maret 2023. Inpres ini sebagai upaya mempercepat peningkatan konektivitas jalan daerah.

Pemerintah menilai, perbaikan jalan akan memberikan manfaat maksimal perekonomian nasional dan daerah, menurunkan biaya logistik nasional, mengintegrasikan antarsentra ekonomi, serta membantu pemerataan kondisi jalan yang mantap.

Basuki menyampaikan, kondisi kemantapan jalan daerah secara nasional ataupun di Lampung berada di angka 50 persen hingga 70 persen sehingga perlu adanya penanganan khusus dari pemerintah pusat. Untuk itu, pemerintah pusat turut serta membantu pembangunan infrastruktur satu ini, sehingga prosesnya sudah dimulai.

Lampung memiliki jalan provinsi dengan panjang 1.693 kilometer, dengan kemantapan jalan 77 persen, sedangkan sisanya 23 persen  masih dalam kondisi rusak, rusak berat, ringan, dan sedang. Adapun untuk jalan nasional di Provinsi Lampung memiliki panjang 1.298 kilometer dalam kondisi mantap 95 persen sedangkan sisanya rusak ringan, sedang, hingga berat.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo akan mengucurkan Rp 800 miliar untuk memperbaiki 15 ruas jalan di Provinsi Lampung. Namun Kepala Negara itu tidak memerinci lebih lanjut ruas mana saja yang akan diperbaiki oleh anggaran negara tersebut.

Jokowi mengatakan pemerintah pusat akan memperbaiki jalan di Lampung hingga Rumbia yang rusak parah. Menurutnya, jalan yang akan diperbaiki adalah jalan dengan kondisi rusak dan lama tidak diperbaiki.

"Semangatnya adalah kita ingin memperbaiki jalan-jalan yang kami lihat. Karena ini memang sudah lama, ya akan diambil alih oleh pemerintah pusat," kata Presiden Jokowi seperti tayang di Kompas TV, Jumat (5/5).

Reporter: Antara, Andi M. Arief

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...