Jokowi Tinjau Kawasan Kuliner Kampung Ujung Labuan Bajo

Agustiyanti
8 Mei 2023, 08:02
ktt asean, asean, jokowi, labuan bajo
ANTARA/Biro Pers Sekretariat Presiden RI
Presiden Joko Widodo meninjau kawasan wisata kuliner Labuan Bajo jelang KTT ASEAN pada Senin (8/5).

Presiden Joko Widodo menyambangi kawasan wisata kuliner Kampung Ujung di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, pada Minggu malam (7/5). Kunjungan ini dilakukan menjelang gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT ASEAN) di Labuan Bajo pada 10-11 Mei 2023. 

Jokowi berjalan kaki menyusuri kawasan yang dipenuhi kios-kios penjual aneka ragam makanan laut, seperti ikan, udang, dan kerang, sembari menyapa para pedagang yang sedang menjajakan dagangannya. Ia juga membagikan celemek kepada para pedagang sambil berbincang dengan mereka.

Kehadiran Jokowi pun disambut antusias para pedagan.  Salah satunya Nurhayati yang mengatakan bahwa Jokowi sempat bertanya jenis-jenis dagangan yang dijualnya. "Udang ini beliau tanya berapa satu porsi, saya jawab Rp 100.000," ujar  Nurhayati seperti dikutip dari keterangan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Senin (8/5).

Nurhayati bercerita kiosnya semakin ramai dikunjungi para pembeli, menjelang penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN. "Ramai. Saya juga senang dirayakan di sini KTT ASEAN," kata Nurhayati.

Hal senada disampaikan Apri yang berjualan nasi goreng di Kampung Ujung. Ia bersyukur pembeli dagangannya semakin meningkat dan semakin ramai dikunjungi para pelancong yang datang ke Labuan Bajo.

"Pas KTT ini penjualan makin maju, makin ramai dengan orang-orang luar yang datang ke sini. Saya bersyukur sekali dengan adanya KTT ASEAN ini," kata Apri.

Jokowi mengatakan, pelaksanaan KTT ASEAN 2023 menjadi momentum untuk mempromosikan Labuan Bajo agar semakin dikenal dunia. Labuan Bajo adalah salah satu destinasi wisata prioritas bersama beberapa destinasi lainnya, seperti Candi Borobudur dan Danau Toba.

"Ini momentum yang sangat baik kita adakan KTT ASEAN di Labuan Bajo untuk me-marketing-i Labuan Bajo supaya semua dunia tahu di Indonesia ada yang namanya Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur," kata Jokowi.

Rangkaian KTT ASEAN dijadwalkan berlangsung pada 9 hingga 11 Mei 2023 dengan jadwal pertemuan utama diagendakan pada 10 dan 11 Mei.

Reporter: Antara

Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...