Cerita Sandiaga Uno Sulit Cari Hotel di Labuan Bajo untuk KTT ASEAN

Abdul Azis Said
10 Mei 2023, 15:00
labuan bajo, ktt asean, hotel
Katadata/Wahyu Dwi Jayanto
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno juga bercerita anak buahnya juga kesulitan mendapat penginapan saat KTT ASEAN di Labuan Bajo.

Para awak media, tim keamanan, bahkan panitia pendukung KTT ASEAN ke-4 kesulitan untuk mencari hotel di Labuan Bajo karena kebanyakan sudah penuh dipesan jauh-jauh hari. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno juga bercerita anak buahnya juga kesulitan mendapat penginapan.

"Dalam hal untuk mencari kamar hotel bukan hanya media tapi kita juga di Kemenparekraf harus menyebar tim ke beberapa lokasi," kata Sandiaga saat ditemui awak media di Hotel Bintang Flores, Labuan Bajo, Rabu (10/5).

Beberapa pimpinan di Kemenparekraf  harus menginap di guest house yang berjarak sekitar 6 KM dari lokasi Media Center di Hotel Bintang Flores. Ada juga pejabat Kemenparekraf yang menginap di atas kapal.

"Saya mungkin salah satu yang beruntung karena tinggal di hotel yang normal, tetapi dua pimpinan Kemenprekraf punya pengalaman yang berbeda," kata Sandiaga.

Ia mengatakan, pemerintah telah menyediakan kapal motor Sinabung yang bersandar di Pelabuhan Labuan Bajo sebagai akomodasi terapung. Ini sebagai opsi tingginya jumlah partisipasi pada acara KTT ASEAN ini yang tidak tertampung di hotel atau penginapan lainnya.

Kelangkaan penginapan di Labuan Bajo seiring tingginya tamu yang datang ke Labuan Bajo untuk KTT ASEAN. Tim katadata.co.id juga sempat kesulitan memperoleh penginapan hingga H-5 acara. Lokasi penginapan yang berhasil diperoleh juga berjak sekitar 4,6 KM dari lokasi utama Hotel Meruorah.

Katadata.co.id juga telah berbincang dengan beberapa pengelola penginapan yang menyambut tamu KTT ASEAN. Erna, tim operasional yang mengelola guest house dan cafe Escape Bajo bercerita tingginya animo permintaan pengunapan selama KTT ASEAN. Dengan lokasi yang cukup strategis di antara Hotel Ayana dan Meurorah, guest house dan cafe yang dikelolanya ramai oleh tamu dalam beberapa hari terakhir.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Agustiyanti

Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...