Erdogan Gagal Raup Mayoritas Suara, Pilpres Turki Lanjut Putaran Kedua

Ameidyo Daud Nasution
15 Mei 2023, 13:11
erdogan, turki, pilpres
Katadata / Wahyu Dwi Jayanto
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyampaikan keterangan kepada wartawan dalam konferensi pers KTT G20 di Media Center, BICC, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Rabu (16/11/2022).

Pemilihan Presiden Turki berpotensi menuju putaran kedua. Hal tersebut setelah inkumben Recep Tayyip Erdogan gagal mengamankan lebih dari 50% suara.

Erdogan saat ini baru mampu mengumpulkan 49,3% suara, sedangkan pesaingnya yakni Kemal Kılıcdaroglu dari Partai Rakyat Republik mendapatkan 45% suara.

Adapun calon independen Sinan Oğan berada di peringkat ketiga dengan 5,2% suara. Saat ini total suara yang masuk telah mencapai 98,72%.

Dengan hasil putaran pertama ini, Kilicdaroglu menyambut baik kemungkinan pemilihan putaran kedua. Ia juga optimistis bisa menumbangkan Erdogan pada voting lanjutan pada 28 Mei mendatang.

"Kami dengan senang hati menerimanya. Kami benar-benar akan memenangkan pemilihan ini di putaran kedua," kata Kilicdaroglu pada Minggu (14/5) dikutip dari CNN.

Untuk pertama kalinya, oposisi Turki bersatu untuk mendukung satu kandidat yakni Kilicdaroglu. Adapun, koalisi tersebut terdiri dari enam partai.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...