Jamaah Haji Kloter Pertama Terbang Hari Ini, Menag Ingatkan Soal Cuaca

Tia Dwitiani Komalasari
24 Mei 2023, 06:29
Jamaah calon haji lansia embarkasi Jakarta menunggu antrean di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Selasa (23/5). Sebanyak 393 jamaah calon haji yang terdiri atas 165 jamaah laki-laki, 220 jamaah perempuan dan 8 petugas ibadah haji tiba di embarkasi Jakarta
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Jamaah calon haji lansia embarkasi Jakarta menunggu antrean di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Selasa (23/5). Sebanyak 393 jamaah calon haji yang terdiri atas 165 jamaah laki-laki, 220 jamaah perempuan dan 8 petugas ibadah haji tiba di embarkasi Jakarta yang berlokasi di Asrama Haji Pondok Gede untuk transit beristirahat sebelum diberangkatkan menuju tanah suci melalui Bandara Udara Internasional Soekarno-Hatta.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melepas keberangkatan jamaah calon haji kelompok terbang atau kloter pertama Embarkasi Jakarta-Pondok Gede di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (24/5). Dia mengingatkan jamaah untuk mewaspadai cuaca Arab Saudi yang lebih panas dari Indonesia.

Keberangkatan 393 calon haji ini juga dilepas oleh Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Syekh Faisal Abdullah Al Amudi. Setiba di Bandara Soekarno-Hatta, Yaqut langsung menyapa jamaah di ruang tunggu keberangkatan dan meninjau ruang fast track atau jalur cepat.

"Jangan sungkan untuk bertanya atau berkonsultasi jika ada keluhan terkait kesehatan. Telah disiapkan juga para petugas yang akan memberikan pelayanan, perlindungan, dan pembinaan kepada jamaah," kata dia saat berbincang dengan sejumlah peserta haji.

Menurut Yaqut, ibadah haji memerlukan fisik yang prima. Oleh sebab itu, jamaah harus selalu memperhatikan aspek kesehatan selama di perjalanan hingga kembali ke Tanah Air.

"Jangan terlalu memaksakan diri dalam beraktivitas, termasuk beribadah sunah, terlebih bila merasa kesehatannya tidak memadai," kata dia.

Ingatkan Soal Cuaca

Yaqut juga mengingatkan jika kondisi di Arab Saudi berbeda dengan di Indonesia. Cuaca di Arab Saudi jauh lebih panas ketimbang Indonesia sehingga jamaah harus dapat menyesuaikan diri.

Di satu sisi, pemerintah juga telah menyiapkan para petugas untuk memberikan layanan kesehatan. Jika jamaah memiliki kesulitan dalam beribadah, mereka dapat mengkonsultasikan kepada para petugas pembimbing ibadah.

"Saya berharap, seluruh jamaah haji Indonesia dapat menunaikan ibadah haji dengan baik, mendapat kemudahan dan kelancaran, serta kembali ke Tanah Air dengan selamat," kata dia.

Kementerian Kesehatan melaporkan, sebanyak 89 orang meninggal dunia saat melakukan ibadah haji pada 2022. Kematian paling banyak karena mengalami penyakit jantung iskemik. Jumlahnya  sebanyak 41 orang atau menyumbang 46,06% dari total jemaah haji Indonesia yang meninggal pada tahun lalu.

Berikut data kematian jamaah haji pada 2016-2022, seperti tertera dalam grafik.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...