Gus Yahya Ingatkan Capres Cawapres: Jangan Bawa NU ke Pilpres 2024

Andi M. Arief
25 Mei 2023, 13:50
nu, yahya staquf, nahdlatul ulama
www.setkab.go.id
Presiden Jokow memberikan ucapan selamat kepada Yahya C, Staquf usai dilantik sebagai anggota Wantimpres, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (31/5)

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Yahya Cholil Staquf mengatakan orang tidak boleh menggunakan identitas NU sebagai modal politik pada Pemilihan Presiden 2024. Yahya menegaskan NU tidak akan masuk dalam dunia politik praktis tahun depan.

Walau demikian, Yahya tidak melarang orang NU untuk menjadi kontestan dalam Pilpres 2024. Pada saat yang sama, Yahya enggan merestui orang NU yang terlibat langsung dalam Pilpres 2024.

"Bakal calon wakil presiden ini direstui NU atau tidak, akan saya jawab bukan urusan kami. Silahkan masyarakat melihat sendiri," kata Yahya di Kantor PBNU, Kamis (25/5).

Yahya meminta calon wakil presiden harus memiliki kredibilitas, prestasi,dan tawarannya sendiri. Ia menekankan NU tidak akan ikut-ikut memberikan restu kepada calon presiden maupun calon wakil presiden.

Sebagai informasi, Yahya telah melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Muhammadiyah Haedar Nashir di Kantor PBNU hari ini. Keduanya membahas pentingnya para kontestan Pemilihan Umum 2024 untuk mempertandingkan kepemimpinan moral.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...