Top News: Daftar Formasi CPNS, Golden Visa Investor Asing

Aryo Widhy Wicaksono
14 Juni 2023, 05:45
Ilustrasi, sejumlah pegawai berfoto usai disumpah menjadi PNS
ANTARA FOTO/Jojon/aww.
Ilustrasi, sejumlah pegawai berfoto usai disumpah menjadi PNS

Pemerintah akan membuka rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) mulai September 2023. Rencananya, terdapat 1.030.751 posisi yang rencananya akan dibuka untuk perekrutan.

Dari formasi tersebut, 80% merupakan pegawai non-ASN atau pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Sisanya, sebanyak 20% menjadi alokasi untuk fresh graduate atau mereka yang baru menyelesaikan pendidikan.

Berita mengenai pembukaan lowongan seleksi CPNS dan PPPK ini menjadi artikel terpopuler atau top stories Katadata.co.id pada Selasa (13/6).

Selain itu, simak juga artikel menarik lainnya seperti harga makanan dan minuman yang berpotensi naik imbas lonjakan harga gula, serta Golden Visa untuk investor asing yang mendapatkan target terbit Juni ini.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Satu Juta Formasi Seleksi CPNS dan PPPK Dibuka, Ini Daftarnya

Pemerintah akan membuka rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada September 2023. Akan ada 1.030.751 posisi yang rencananya akan dibuka untuk perekrutan.

Formasi tersebut akan berisi 80% pegawai non ASN atau pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Sisanya sebanyak 20% dialokasikan untuk fresh graduate.

"Kami (telah) menyiapkan formasi, kami laporkan ke Presiden untuk dikaji," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas di Jakarta, Senin (12/6) dikutip dari Antara.

Azwar juga menjelaskan total kebutuhan untuk pusat terdiri dari:
- CPNS dosen 15.858 orang
- Tenaga teknis lain 18.595 orang
- PPPK tenaga guru 12.000 orang
- PPPK tenaga kesehatan 12.719 orang.
- PPPK tenaga teknis lain 15.205 orang

Sedangkan kebutuhan pegawai untuk daerah terdiri dari:

- PPPK tenaga guru 580.202 orang
- PPPK tenaga kesehatan 327.542 orang.
- PPPK tenaga teknis lainnya 35.000 orang
- PNS lulusan kedinasan 6.259 orang

Cek formasi CPNS.

2. Anak Usaha Grup Bakrie VKTR Patok Harga IPO di Batas Bawah Rp 100

PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk mematok harga penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) saham Rp 100 per lembar. Harga tersebut merupakan batas bawah dari harga yang ditetapkan saat masa penawaran awal yang berada di rentang Rp 100-130 per saham.

Dalam aksi korporasi ini calon emiten perakit kendaraan listrik tersebut melepas sebanyak-banyaknya 8,7 miliar saham biasa atas nama atau 20% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO.

Dengan demikian, anak usaha Grup Bakrie PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) tersebut berpotensi meraup dana segar Rp 875 miliar. Seluruh dana yang diperoleh dari penawaran umum ini setelah dikurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan IPO akan digunakan:

  • 40,3% akan digunakan oleh perseroan untuk belanja modal atau capital expenditure (capex) yang antara lain untuk pengembangan satu fasilitas perakitan kendaraan listrik.
  • 11,7% akan diberikan kepada perusahaan anak, yaitu PT Bakrie Autoparts dalam bentuk penyertaan modal.
  • 2,5% atau Rp 21,5 miliar untuk pelunasan seluruh dan sebagian pokok utang kepada PT Tambara Tama Mandiri.
  • 1,4% atau Rp 11,9 miliar untuk pelunasan seluruh pokok utang kepada PT Andara Multi Sarana.
  • 44,1% akan digunakan untuk modal kerja dan operasional dalam rangka memenuhi kebutuhan operasional antara lain biaya administrasi umum, modal kerja pembelian persediaan untuk penjualan bus listrik.

3. Waketum PPP: Kami Yakin Survive di Pemilu 2024, Patahkan Temuan Survei

Pemilu 2019 menjadi pesta demokrasi yang tidak mudah bagi Partai Persatuan Pembangunan. Kasus hukum yang menjerat Ketua Umum partai jelang pemilu membuat akar rumput partai goyang.

Namun, PPP menunjukkan eksistensi dengan tetap menjadi partai yang lolos ke Senayan dengan perolehan 4,4% suara.

Pada pemilu 2024 sejumlah lembaga survei kompak memprediksi PPP tak lolos ke parlemen. Survei terbaru Litbang Kompas yang dirilis akhir Mei 2023 menunjukkan partai yang berdiri sejak 1973 ini diprediksi hanya meraup 2,9% suara.

Dalam wawancara khusus dengan Katadata.co.id, Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani mengatakan partainya tak gentar dengan hasil survei. Bahkan ia meyakini PPP kini berada dalam posisi terbaik untuk kembali menjadi partai besar yang telah memiliki sejarah panjang dalam pesta demokrasi di Indonesia.

Keyakinan Arsul diperkuat dengan sikap PPP yang telah lebih awal menyatakan dukungan pada salah satu capres dalam pilpres. Menurut Arsul, partai memiliki cukup waktu untuk melakukan pendekatan kepada konstituen untuk tetap setia memilih PPP di bilik suara.

Simak wawancara Waketum PPP, Arsul Sani.

4. Harga Makanan dan Minuman Berpotensi Naik Imbas Harga Gula Meroket

Harga produk makanan dan minuman berpotensi naik didorong harga gula dunia yang sedang melambung tinggi.

Direktur Industri Agro Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika, mengatakan kenaikan harga gula memang tidak akan langsung berdampak pada industri makanan dan minuman.

Pasalnya, industri makanan dan minuman skala besar biasanya membeli bahan baku gula berdasarkan kontrak waktu tertentu.

Putu mengatakan, saat ini pelaku industri masih menggunakan stok GKR yang diimpor awal 2023. Sementara kenaikan tertinggi harga gula global baru terjadi sejak Mei.

5. Jokowi Targetkan Aturan Golden Visa Terbit Bulan Ini

Presiden Joko Widodo memerintahkan regulasi golden visa atau skema izin tinggal melalui investasi rampung bulan ini. Payung hukumnya nanti akan berupa Peraturan Presiden (Perpres).

"Presiden minta Juni ini segera," kata Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (13/6) dikutip dari Antara.

Yasonna mengatakan durasi terlama golden visa nantinya selama 10 tahun. Aturan yang tengah digodok akan memuat kriteria orang yang bisa mendapatkan fasilitas tersebut.

"Ada yang lima tahun, ada yang sepuluh tahun," katanya.

Kemenkumham juga sedang menyelesaikan revisi Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2013 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Ini dilakukan untuk mendukung kebijakan golden visa.

 

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...