Top News: Aset Perusahaan Jusuf Hamka, KPK Selidiki Kementan

Aryo Widhy Wicaksono
15 Juni 2023, 05:50
Pengusaha Jusuf Hamka usai bertemu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, di kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Selasa (13/6/2023).
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.
Pengusaha Jusuf Hamka usai bertemu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, di kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Selasa (13/6/2023).

Nama Jusuf Hamka kini sedang menjadi perhatian publik. Ia merupakan seorang pengusaha di bidang konstruksi, khususnya di pembangunan jalan tol. Jusuf Hamka merupakan pemegang saham mayoritas PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) yang mengoperasikan beberapa jalan tol besar di Indonesia.

Menurutnya, pemerintah belum membayar utang sebesar Rp 800 miliar kepada perusahannya. Tagihan utang yang sudah berlangsung tahunan ini, menyangkut deposito milik CMNP di salah satu bank yang mendapat bailout dari negara saat krisis moneter 1998.

Berdasarkan laporan keuangan perseroan, aset CMNP mencapai Rp 19,18 triliun hingga kuartal pertama 2023. Asetnya naik 4,32% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Berita mengenai total aset PT CMNP milik Jusuf Hamka menjadi artikel terpopuler atau top news Katadata.co.id pada Rabu (14/6). Selain itu, simak juga artike tentang dividan PT HM Sampoerna Tbk, serta penyelidikan baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kementerian Pertanian.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Perusahaan Jusuf Hamka yang Diutangi Negara Punya Aset Rp 19 Triliun

Secara rinci aset lancar perusahaan mencapai Rp 2,07 triliun, naik 7,77% dari sebelumnya Rp 1,92 triliun. Sementara, aset tidak lancar perusahaan mendapai Rp 17,1 triliun. Aset tidak lancar perusahaan naik 3,91% pada kuartal pertama 2023 dari sebelumnya Rp 16,45 triliun.

Adapun, laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk Rp 253,33 miliar. Laba CMNP naik 23,23% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya Rp 205,4 miliar.

Seiring dengan kenaikan laba, pendapatan turut meningkat 30,94% menjadi Rp 1,6 triliun dari periode kuartal pertama tahun lalu Rp 1,2 triliun.

Rincian pendapatan perusahaan terdiri dari pendapatan dari bisnis konstruksi penyelenggara tol Rp 675,34 miliar.

Simak rincian aset perusahaan Jusuf Hamka.

2. Kemenkeu: Tagihan Utang Rp 775 M ke Tutut Soeharto, Bukan Jusuf Hamka

Kementerian Keuangan sempat menyinggung tagihan utang Bantuan Likuiditas Bank Indonesia atau BLBI sebesar Rp 775 miliar, ketika ditanya terkait tagihan utang negara kepada perusahaan milik Jusuf Hamka, PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP).

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Rionald Silaban mengklarifikasi utang tersebut tak ditagihkan kepada Jusuf Hamka tetapi Siti Hardijanti Rukmana alias Tutut Soeharto.

"Waktu saya bilang grup Citra itu, itu Grup Citra yang namanya Citra Lamtoro Gung. Urusan saya itu masih ada di Grup Citra yang saya tagih, itu berbeda dengan CMNP," kata Rionald ditemui di gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Selasa (13/6).

Rionald juga menjelaskan bahwa hingga saat ini pemerintah masih terus berupaya menagih utang tersebut ke PT Citra Lamtoro Gung Persada. Pemerintah juga pernah memanggil Mbak Tutut dan tiga grup afiliasi Citra lainnya.

Namun saat dikonfirmasi apakah terdapat hubungan antara utang Rp 775 miliar milik PT Citra Lamtoro Gung Persada dengan Jusuf Hamka, Rionald tidak memberikan penjelasan lebih lanjut. Ia hanya meminta media memeriksa kepemilikan grup itu.

Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo tiga perusahaan terkait Siti Hardijanti Rukmana alias Tutut Soeharto yang secara kronologis memiliki afiliasi dengan CMNP. Namun, pengadilan memang telah memerintahkan pemerintah untuk membayar ke CMNP terkait tagihan utang tersebut.

"CMNP ya, bukan Jusuf Hamka. Jusuf Hamka dalam akta perusahaan bukan pemegang saham dan bukan pengurus CMNP," ujar dia.

3. HM Sampoerna Bagi Dividen Rp 6,3 Triliun, Berikut Jadwalnya

Emiten produsen rokok, PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) akan membayarkan dividen Rp 6,36 triliun, atau sebesar 106% dari laba bersih tahun buku 2022. Besaran dividen tersebut sudah mendapatkan restu dalam Rapat Umum Perdana Saham Tahunan (RUPST) pada Jumat (9/6).

Adapun nilai saham yang akan dibagikan saat pencairan dividen senilai Rp 54,7 per saham. Sebagaimana diketahui, perseroan membukukan laba bersih senilai Rp 6,32 triliun sepanjang tahun 2022 atau turun 11,4% bila dibanding periode sama pada tahun 2021.

Presiden Direktur HM Sampoerna, Vassilis Gkatzelis, mengatakan pada kuartal pertama tahun ini, perseroan membukukan kenaikan laba bersih sebesar 12,85% menjadi Rp 2,16 triliun dari sebelumnya Rp 1,91 triliun. Sementara, pendapatan bersih HMSP senilai Rp 27 triliun, naik 3,1%.

4. Terseret Dugaan Kasus Korupsi, Ini Kata Mentan Syahrul Yasin Limpo

Menteri Pertanian atau Mentan RI, Syahrul Yasin Limpo, menanggapi dugaan kasus korupsi yang terjadi di Kementerian Pertanian. Syahrul mengatakan, dirinya tidak mengerti akan kasus tersebut.

"Oh saya tidak mengerti itu," kata Mentan RI Syahrul Yasin Limpo di Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Rabu (14/6).

Saat ditanya lebih jauh terkait isu tersebut, eks Gubernur Sulawesi Selatan itu enggan menjawab pertanyaan wartawan dan langsung menuju kendaraan dinas yang sudah terparkir.

Dia kemudian meninggalkan lokasi peninjauan kawasan pengembangan bawang merah yang berada di Kabupaten Solok.

Eks Bupati Gowa tersebut berkunjung ke Kabupaten Solok, Sumatera Barat, dalam rangka peninjauan kawasan pengembangan bawang merah. Kegiatan itu diketahui menjadi bagian dari rangkaian kegiatan Penas Tani Ke-XVI yang dipusatkan di Lanud Sutan Sjahrir Kota Padang 10-15 Juni 2023.

KPK saat ini telah membuka penyelidikan dugaan tindak pidana korupsi di Kementerian Pertanian.

Informasi tersebut dibenarkan Plt. Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur Rahayu. "Saat ini KPK sedang melakukan penyelidikan dugaan tindak pidana korupsi di Kementan," kata Asep.

Asep juga belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut mengenai kasus tersebut karena prosesnya masih dalam tahap penyelidikan.

5. Pengguna Instagram Kini Bisa Bagikan Musik di Notes

Meta meluncurkan fitur baru di Instagram, kini pengguna bisa membagikan musik kesukaan di Notes Instagram.

“Sekarang Anda dapat menambahkan klip 30 detik dari lagu favorit Anda ke Catatan di Instagram,” kata CEO Meta Mark Zuckerberg di grup siaran di Instagram, Selasa (13/6).

Berdasarkan sebuah tangkapan layar, Mark turut membagikan musik yang ia sukai. “Berkat putri saya, meningkatkan selera musik saya,” katanya.

Dikutip dari TechCrunch, Meta mengatakan klip lagu dapat digunakan di semua pasar di seluruh dunia di mana Instagram memiliki hak lisensi musik.

Selain membagikan klip, pengguna juga dapat menambahkan teks ke catatan musik untuk membagikan pemikiran atau perasaan mereka.

Sama seperti Instagram Story, pengguna juga melihat terjemahan teks di Notes. Caranya dengan klik bagian “see translation” atau “lihat terjemahan”.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...