Mantan Pejabat WHO Sebut Istilah Cabut Pandemi oleh Jokowi Tidak Tepat

Ira Guslina Sufa
22 Juni 2023, 09:36
WHO soal endemi Covid
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/foc.
Pakar kesehatan Tjandra Yoga Aditama menjadi pembicara pada sesi panel kedua rangkaian pertemuan pertama G20 Health Ministerial Meeting (HMM) di Sleman, DI Yogyakarta, Senin (20/6/2022).

Mantan Direktur Penyakit Menular Badan Kesehatan Dunia (WHO) Asia Tenggara Tjandra Yoga Aditama menilai istilah pencabutan status pandemi Covid-19 yang disampaikan Presiden Joko Widodo tidak tepat. Menurut Tjandra istilah pandemi tidak hanya berlaku untuk Indonesia saja. 

"Istilah 'pencabutan pandemi' mungkin tidak terlalu tepat. 'Pan' artinya semua, atau banyak, jadi istilah pandemi itu menggambarkan keadaan semua atau banyak negara, katakanlah keadaan dunia," kata Tjandra Yoga seperti dikutip dari Antara, Kamis (22/6). 

Advertisement

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) itu mengatakan satu negara bisa saja mendeklarasikan status endemi. Akan tetapi untuk memastikan situasi itu masih pandemi atau tidak, adalah kewajiban Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Pandemi merupakan istilah untuk situasi negara dunia dan bukan hanya situasi yang berlaku di Indonesia saja. 

Selain itu, Tjandra menyebut istilah pencabutan pandemi tidak tepat lantara pemerintah juga tidak pernah mengeluarkan ketetapan bahwa Indonesia sedang pandemi. "Jadi tentu baiknya istilahnya kini tidak perlu disebut pandemi dicabut," kata Tjandra.

Menurut Tjandra, istilah yang lebih tepat digunakan Jokowi adalah pencabutan status kedaruratan kesehatan masyarakat di Indonesia. Pencabutan status dimungkinankan karena COVID-19 sudah berhasil diatasi.

"Bisa disebut sudah endemi, bisa juga disebut bahwa COVID-19 sudah teratasi," kata Tjandra lagi.

Tjandra mengatakan endemi bukan berarti virus Corona sebagai sumber penyakit sudah tidak ada lagi di Indonesia, bahkan dunia. Endemi justru menunjukkan bahwa penyakit masih ada, walau angka kasusnya rendah.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement