Pasar Kangen di Mangkunegaran Solo Resmi Dibuka

 Zahwa Madjid
23 Juni 2023, 17:43
Pasar Kangen di Mangkunegaran Solo Resmi Dibuka
Katadata/Zahwa Madjid

Salah satu rangkaian agenda budaya 'Satu dalam Cita', Pasar Kangen di Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah secara resmi dibuka pada Jumat (23/6) ini. Acara tersebut gratis dan dibuka untuk umum selama tiga hari penuh di Pamedan Pura Mangkunegaran, mulai hari ini hingga Minggu (25/6) mendatang.

Pasar Kangen diikuti oleh lebih dari 60 pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Solo. Berbagai tenant menjual makanan khas solo, jajanan pasar, hingga produk kesenian seperti baju dan kain batik.

“Sore ini kita bisa menikmati segala kuliner tradisional, jajanan pasar, untuk tombo kangen buat yang masa kecilnya biasa jajan di pasar. Selamat menikmati pasar kangen dan semoga semuanya bisa menikmati dengan senang,” ujar GRAj Ancillasura Marina Sudjiwo saat membuka acara.

Pasar Kangen merupakan acara tahunan yang digelar di Yogyakarta sejak tahun 2007. Acara ini mempertemukan tradisi, kuliner, kesenian, dan kreativitas dalam kemasan khas tempo dulu yang bisa dinikmati seluruh kalangan masyarakat. 

Pendiri sekaligus Ketua Pasar Kangen Jogja, Ong Hari Wahyu menjelaskan secara ideologis Pasar Kangen merupakan upaya kedaulatan atau ketahanan pangan.

Halaman:
Reporter: Zahwa Madjid
Editor: Lona Olavia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...