Kloter Terakhir Tiba, Penerbangan Haji Berakhir Hari Ini

Amal Ihsan Hadian
24 Juni 2023, 12:38
Umat Islam berjalan usai menjalankan ibadah shalat magrib di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Kamis (22/6/2023). Pemerintah mengimbau peserta calon haji Indonesia melaksanakan ibadah di hotel masing-masing untuk menyiapkan fisik jelang puncak ibadah haj
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/foc.
Umat Islam berjalan usai menjalankan ibadah shalat magrib di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Kamis (22/6/2023). Pemerintah mengimbau peserta calon haji Indonesia melaksanakan ibadah di hotel masing-masing untuk menyiapkan fisik jelang puncak ibadah haji dimana Masjidil Haram telah dipadati jamaah dari berbagai negara.

Fase kedatangan jemaah haji Indonesia ke Tanah Suci berakhir hari ini (25/6). Kelompok terbang (Kloter) yang terakhir sampai adalah Kloter 34 Embarkasi Batam (BTH-34) yang tiba di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Sabtu sekitar pukul 03.46 waktu Arab Saudi. BTH-34 juga menjadi penerbangan haji terakhir dari seluruh dunia yang sampai di Saudi.

Kedatangan kloter dari kuota tambahan itu disambut langsung oleh Konsul Jenderal (Konjen) Republik Indonesia di Jeddah Eko Hartono didampingi Kepala Daerah kerja Bandara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Indonesia di Arab Saudi Haryanto. "Alhamdulillah, jemaah kloter terakhir dari Batam sebanyak 165 jemaah telah tiba dengan selamat," ujar Eko di Bandara Jeddah.

Setelah istirahat sejenak di plaza Terminal Haji Bandara Jeddah, para jemaah kemudian diberangkatkan ke Mekah menggunakan bus. Mereka akan langsung melaksanakan ibadah umrah wajib dan bersiap untuk menjalani prosesi puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna).

Eko mengingatkan para jemaah untuk menjaga stamina dan kesehatan, apalagi operasional puncak ibadah haji hanya tinggal tiga hari lagi. Belum lagi cuaca di Mekah sangat panas. "Silakan melakukan ibadah sunah tapi jangan berlebihan," ujarnya.

Total, ada 558 Kloter haji Indonesia yang telah tiba di Saudi, dengan jumlah jemaah sebanyak 209.782 untuk jemaah haji reguler. Rinciannya, 276 kloter yang membawa 103.809 jemaah mendarat di Madinah, sementara 282 kloter dengan 105.973 jemaah mendarat di Jeddah. Sedangkan jemaah haji khusus yang sudah sampai sebanyak 18.320 orang. Total angka di atas mencakup jemaah kuota awal dan kuota tambahan.

Adapun jemaah haji Indonesia gelombang pertama yang mendarat di Madinah, termasuk jemaah haji yang sakit dan masih dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) dan rumah sakit Arab Saudi di Madinah, secara bertahap sudah seluruhnya diberangkatkan ke Mekah, terakhir pada 22 Juni lalu.

Jemaah haji Indonesia diberangkatkan dalam dua gelombang. Gelombang 1 berangkat secara bertahap pada 24 Mei hingga 7 Juni 2023. Mereka terbang dari 14 embarkasi di Indonesia menuju Madinah. Setelah tinggal selama 8 hari di Kota Sang Nabi, mereka diberangkatkan ke Mekah dengan bus mulai 2 Juni hingga 16 Juni 2023.

Adapun gelombang 2 diberangkatkan secara bertahap mulai 8 Juni sampai 22 Juni 2023. Mereka terbang dari 14 embarkasi di Indonesia ke Mekah via Bandara Jeddah. Pada 26 Juni, semua jemaah haji akan bergeser ke Arafah untuk menunaikan prosesi puncak haji.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...