Megawati Buka Pintu Perluas Koalisi Dukung Ganjar di Pilpres 2024

Ira Guslina Sufa
24 Juni 2023, 15:49
Megawati
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp.
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri (tengah) berbincang dengan Presiden Joko Widodo (kiri) dan Bakal Capres Ganjar Pranowo (kanan) saat berlangsungnya Rakernas PDI Perjuangan di Jakarta, Selasa (6/6/2023).

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan  Megawati Soekarnoputri membuka pintu koalisi kepada partai politik lain untuk mendukung Ganjar Pranowo di pemilihan presiden 2024. Saat ini baru ada tiga partai yang menyatakan dukungan resmi bergabung mendukung Ganjar yaitu Partai Persatuan Pembangunan, Partai Hanura dan Perindo. 

Menurut Megawati sebenarnya PDIP sudah bisa mengusung calon presiden dan wakil presiden tanpa berkoalisi dengan partai lain. Hal ini lantaran PDIP telah memenuhi ambang batas presiden minimal 20 persen suara di DPR atau 25 persen suara di pemilu. Namun menurut Megawati PDIP tetap mau membuka diri untuk berkoalisi dengan partai lain. 

“Itu kenapa, karena sikap kami kekeluargaan,” ujar Megawati saat berpidato dalam peringatan puncak Bulan Bung Karno di Stadion GBK, Sabtu (24/6). 

Mega menjelaskan hingga kini masih membuka diri untuk partai lain yang ingin bergabung. Ia menyebut masih ada sejumlah partai yang menyatakan ingin mendukung. Namun keputusan mendukung masih mempertimbangkan sejumlah hal. 

“Lo ya benar tapi saya bilang ya ga apa, mau ikuti boleh dak ikut ya dak apa. Betul ga?” ujar Mega. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...