Daftar Toko Dijarah Massa saat Kerusuhan Prancis: Nike hingga Apple

Andi M. Arief
7 Juli 2023, 17:32
prancis, kerusuhan, nike, apple
Antara
Seorang petugas pemadam kebakaran memadamkan api akibat kerusuhan di Tourcoing, Prancis, Minggu (2/7). Foto: Antara.

Kerusuhan yang terjadi di sejumlah kota di Prancis berdampak pada aktivitas perdagangan dan ritel. Ini karena kerusuhan tersebut berujung pada aksi penjarahan kepada ribuan toko. 

Gerakan Perusahaan Prancis atau MEDEF menaksir kerugian dari kerusuhan telah mencapai €1 billion atau sekitar Rp 16,63 triliun. Angka tersebut merupakan gabungan dari kerugian akibat penjarahan dan proses bisnis yang terganggu.

Seperti dilansir dari CNN, Menteri Keuangan Prancis Bruni Le Maire mengatakan para demonstran telah menyerang hampir 400 cabang bank dan 500 toko. Secara total,  toko yang telah dijarah selama kerusuhan Perancis mencapai 1.000 unit.

Mayoritas toko yang dijarah oleh demonstran adalah toko yang mendapatkan dukungan pemerintah. Walau demikian, Le Maire menilai dampak dari penjarahan tersebut tidak akan memiliki dampak besar pada perekonomian Prancis.

"Kerusuhan tidak akan memiliki dampak yang dalam terhadap pertumbuhan ekonomi Prancis," katanya seperti dikutip Jumat (7/7).

Kerusuhan dipicu aksi penembakan yang dilakukan polisi kepada remaja 17 tahun, Nahel yang merupakan keturunan Aljazair dan Maroko. Dia ditembak oleh seorang petugas polisi saat melanggar lalu lintas di Nanterre, pinggiran Paris, pada Selasa (27/6).

Penembakan remaja yang terekam dalam video tersebut telah memicu kembali keluhan lama tentang kekerasan dan rasisme polisi. Tak lama berselang, kerusuhan terjadi di Paris dan kota-kota lainnya.

Dilansir dari France 24, massa telah memulai 23.000 kebakaran, merusak 273 gedung milik aparat penegak hukum, 168 sekolah, dan 105 kantor walikota. Menteri Dalam Negeri Perancis Gerald Darmain mencatat lebih dari 3.500 orang telah ditahan dengan rata-rata umum 17 tahun.

Berdasarkan berbagai sumber, ini sejumlah toko yang mengalami penjarahan:

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...