Semeru Banjir Lahar Dingin, Masa Tanggap Darurat Ditetapkan 14 Hari

Lavinda
Oleh Lavinda
8 Juli 2023, 23:48
Semeru
ANTARA FOTO/Rohcmad/Zk/nym.
Kondisi Jembatan Gantung Kali Regoyo yang putus diterjang banjir lahar hujan di Sumber Wuluh, Lumajang, Jawa Timur, Jumat (7/7/2023).

Bupati Lumajang Thoriqul Haq menetapkan masa tanggap darurat selama 14 hari usai terjadinya bencana banjir lahar dingin Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

"Saya sudah menetapkan tanggap darurat selama 14 hari, saya menugaskan sekretaris daerah untuk menunjuk satgas darurat bencana," katanya seperti dikutip Antara, Sabtu (8/7).

Menurut dia, cuaca ekstrem dengan intensitas hujan tinggi selama beberapa hari mengakibatkan banjir dan tanah longsor di beberapa wilayah.

Bahkan, terjangan keras material lahar dingin Gunung Semeru juga mengakibatkan beberapa jembatan mengalami kerusakan hingga terputus dan tidak bisa dilalui.

Oleh karena itu, fokus utama Pemerintah Kabupaten Lumajang adalah keselamatan jiwa bagi warga yang terdampak banjir lahar dingin Gunung Semeru.

Di tengah intensitas hujan yang masih tinggi, bupati yang akrab disapa Cak Thoriq ini mengimbau agar warga di tepian sungai yang dilewati aliran lahar dingin Gunung Semeru untuk mengungsi sampai kondisi dipastikan aman.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...