Top News: Fitur Baru di GrabFood, Elektabilitas Prabowo Kian Mantap

Aryo Widhy Wicaksono
12 Juli 2023, 05:55
GrabFood menjadi salah sati platform layanan pesan-antar online yang sering digunakan di Indonesia
Instagram.com/grabfoodid
GrabFood menjadi salah sati platform layanan pesan-antar online yang sering digunakan di Indonesia

Grab pada akhir tahun lalu menutup salah satu layanan kuliner mereka, GrabKitchen. Kini Decacorn yang memiliki kantor pusat di Singapura ini, meluncurkan fitur baru terkait layanan kuliner GrabFood, dengan membuat fitur dine in atau makan di tempat.

GrabKitchen merupakan layanan pesan-antar makanan berbasis komputasi awan alias cloud, sehingga sering juga disebut cloud kitchen. Pengguna dapat memesan makanan dan minuman secara online, namun tidak bisa makan di tempat.

Kondisi tersebut kini berubah, fitur Dine In pada GrabFood memungkinkan pengguna menemukan restoran terbaik atau terdekat mereka, kemudian memberikan voucer sehingga bisa makan di tempat dengan harga lebih murah.

Berita mengenai fitur baru di GrabFood ini menjadi artikel terpopuler atau Top News Katadata.co.id. Selain itu, perhatikan juga artikel menarik lainnya seperti elektabilitas Prabowo yang semakin mantap, serta RUU Kesehatan yang disahkan DPR.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Tutup GrabKitchen, Grab Luncurkan Fitur Dine In

Setelah menutup GrabKitchen, Grab kini memperluas layanan GrabFood dengan memberikan fitur untuk makan di tempat.

Head of Marketing GrabFood Grab Indonesia Hadi Koe menyebutkan, GrabFood Dine In adalah layanan yang memungkinkan konsumen makan di tempat di berbagai mitra merchant Grab.

“Layanan ini hadir sebagai komitmen GrabFood untuk menghadirkan pengalaman kuliner yang menarik dan sesuai bagi konsumen Grab Indonesia baik melalui pesan-antar online maupun makan di tempat,” kata Hadi kepada Katadata.co.id, Selasa (11/7).

Melalui fitur itu, konsumen dapat membeli voucer dine in melalui aplikasi Grab sebelum datang ke restoran. Voucer ini memberikan potongan harga di berbagai restoran yang berpartisipasi.

Simak fitur lengkap yang tersedia pada layanan dine in Grab.

2. Ini Jawaban Pertamina Soal Keluhan Pengusaha Pertashop

PT Pertamina menegaskan bisnis kemitraan Pertamina Shop atau Pertashop berfokus pada distribusi produk BBM non-subsidi Pertamax hingga produk lain, seperti bright gas dan pelumas.

Pernyataan tersebut sekaligus menanggapi usulan pengusaha Pertashop yang meminta Pertamina untuk mengizinkan akses penjualan produk elpiji tabung 3 kilogram bersubsidi hingga BBM Pertalite RON 90 dengan harga non-subsidi.

Juru Bicara Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, mengatakan pihaknya mengapresiasi usulan pengusaha Pertashop. Meski begitu, dia mengatakan penjualan BBM bersubsidi, seperti pertalite dan elpiji 3 kg, diatur secara ketat oleh negara. Tujuannya, agar alokasi distribusi kuota tahunan dapat tepat sasaran.

Simak jawaban lebih lengkap jawaban Pertamina terkait tuntutan pengusaha Pertashop di DPR.

3. Survei: Elektabilitas Prabowo Makin Unggul Tinggalkan Ganjar dan Anies

Elektabilitas Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Prabowo Subianto, makin kokoh sebagai calon presiden pilihan pada pemilu 2024.

Survei terbaru dari dua lembaga survei yaitu Lembaga Survei Indonesia (LSI) dan Lingkaran Survei Indonesia Denny JA menunjukkan Prabowo berada di urutan pertama meninggalkan Ganjar Pranowo yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Anies Baswedan dari Koalisi Perubahan.

Merujuk hasil Survei LSI yang dirilis hari ini, Selasa (11/7) nama Prabowo unggul di semua simulasi. Pada metode top of mind pilihan presiden, Prabowo memperoleh suara 20 %.

Pada metode ini pemilih dibebaskan menentukan calon presiden tanpa disodorkan pilihan nama. Elektabilitas Prabowo berada di atas Ganjar Pranowo yang memperoleh 19,9 % suara. Sedangkan Anies Baswedan hanya memperoleh dukungan dari 10,3 % responden.

Senada dengan survei LSI, temuan survei yang dirilis Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA juga menunjukkan elektabilitas Prabowo berada di posisi teratas.

Pada simulasi tiga nama, elektabilitas Prabowo berada di angka 34.3% diikuti Ganjar dengan 32.7% suara. Di urutan ketiga ada Anies Baswedan yang memperoleh elektabilitas 22.1%.

Cek hasil survei elektabilitas LSI dan LSI Denny JA secara lengkap

4. RUU Kesehatan Disahkan, Surat Registrasi Dokter Berlaku Seumur Hidup

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah mengesahkan Revisi Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009. RUU yang menggabungkan 11 Undang-Undang ini akan berisi 458 pasal.

Salah satu yang akan diatur dalam RUU Kesehatan adalah pemberlakuan Surat Tanda Registrasi (STR) milik dokter yang berlaku seumur hidup.

Ketua Panja RUU Kesehatan, Melkiades Laka Lena mengatakan keputusan tersebut telah melalui pembahasan yang panjang.

Seperti diketahui, STR adalah syarat bagi seorang dokter untuk memiliki Surat Izin Praktek (SIP) yang diterbitkan pemerintah daerah. Adapun, STR diterbitkan oleh Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia.

Cek lebih lengkap mengenai RUU Kesehatan yang disahkan DPR.

5. Cinema XXI Melantai di BEI Agustus, Pendapatan Capai Rp 4,4 T di 2022

Perusahaan pengelola bioskop Cinema XXI, PT Nusantara Sejahtera Raya Tbk akan segera melantai di Bursa Efek Indonesia pada awal Agustus nanti. Cinema XXI sudah memulai proses penawaran awal atau bookbuilding mulai 10 sampai 14 Juli 2023.

Perusahaan melepas sebanyak-banyaknya 8,33 miliar saham atau setara 10% dengan rentang harga IPO Rp 270 sampai dengan Rp 288 setiap saham. Dengan begitu, bila mengacu pada rata-rata harga tertingginya, perusahaan yang akan tercatat dengan kode saham CNMA ini berpotensi meraup dana IPO Rp 2,40 triliun.

Bagaimana kinerja keuangannya? Merujuk prospektus yang dipublikasikan, Cinema XXI mencatatkan kerugian Rp 25,58 miliar pada kuartal pertama 2023. Pendapatan bioskop pada kuartal pertama 2023 senilai Rp 530,27 miliar, naik 30,30% dibandingkan periode yang sama tahun sebelum Rp 406,94 miliar.

Pendapatan perusahaan pada kuartal pertama yaitu Rp 883,25 miliar dari sebelumnya Rp 635,65 miliar. Pendapatan tersebut harus tertekan beban dan biaya operasi hingga Rp 866,63 miliar pada kuartal pertama 2023.

Simak pendapatan Cinema XXI yang akan melantai di BEI Agustus ini.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...