Top News: Investasi Triliunan di Rempang, Penumpang Batik Air Berulah

Aryo Widhy Wicaksono
15 Juli 2023, 06:00
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

Investasi pengembangan Kawasan Rempang mencapai Rp 381 triliun. Pembangunan kawasan ini diharapkan dapat menyerap tenaga kerja sebanyak 308.000 orang hingga 2080.

Untuk mewujudkan target investasi tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, melakukan Rapat Koordinasi Monitoring Perkembangan Investasi Kawasan Rempang pada Rabu (12/7) di Kantor Kemenko Perekonomian.

Koordinasi tersebut dilakukan sebagai upaya dalam melakukan percepatan investasi dan penyelesaian isu strategis secara menyeluruh agar sesuai dengan peraturan.

Berita mengenai investasi di kawasan Rempang menjadi artikel terpopuler atau Top News Katadata.co.id pada Jumat (14/7). Simak juga artikel menarik lain seperti Bank Mandiri yang bersedia masuk ke Aceh, serta pesawat Batik Air yang terpaksa putar balik setelah lepas landas.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Investasi Kawasan Rempang Rp 381 T, Ini Daftar Sektor yang Dibangun

Program Pengembangan Kawasan Rempang mulai meluncur sejak 12 April 2023. Kawasan ini dibangun di Pulau Rempang dengan luas kurang-lebih 165 km persegi. Kawasan ini masih termasuk wilayah pemerintahan kota Batam, Kepulauan Riau.

Kawasan ini dibangun untuk mendukung Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam, dan dikembangkan PT Makmur Elok Graha atau PT MEG.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan rencana Pengembangan Kawasan Pulau Rempang diharapkan dapat berjalan sesuai target yang telah ditetapkan, dan mampu memberikan spillover effect kepada kawasan – kawasan lain di sekitarnya.

Letak Pulau Batam yang berdekatan dengan Singapura dan Malaysia diharapkan dapat meningkatkan daya saing Indonesia di kawasan Asia Tenggara.

Simak daftar lengkap sektor pembangunan investasi kawasan Rempang.

2. Bank Mandiri Siap Masuk Aceh Usai Aturan Bank Konvensional Direvisi

PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) merespons terkait dengan rencana pemerintah provinsi Aceh yang membuka peluang mengembalikan operasional bank konvensional dengan merevisi qanun atau peraturan daerah Aceh.

Direktur Utama BMRI Darmawan Junaidi mengatakan, Bank Mandiri akan turut mendukung keputusan Otoritas Jasa Keuangan yang juga menyokong hal itu. Apalagi, perusahaan berharap perekonomian di Aceh dapat terus tumbuh.

Kendati demikian, Bank Mandiri sebagai pemegang saham mayoritas di PT Bank Syariah Indonesia TBK (BRIS) akan lebih memperioritaskan dukungan kepada BSI untuk meningkatkan layanan dan penetrasi bisnis di Aceh.

"Namun Bank Mandiri juga siap apabila dibutuhkan untuk layanan perbankan konvensional," katanya saat dihubungi Katadata.co.id, Jumat (14/7).

Ketahui bagaimana Bank Mandiri siap masuk Aceh.

3. Penumpang Buat Ulah, Batik Air Kembali ke Bandara Setelah Lepas Landas

Pesawat Batik Air rute Jakarta-Gorontalo kembali ke bandara asal setelah lepas landas sekitar 30 menit. Langkah yang tidak biasa itu dipicu salah satu penumpang yang berperilaku tidak tenang di dalam pesawat.

"Tamu yang duduk di kursi nomor 24C itu berperilaku tidak tenang dan merusak lapisan mika penutup jendela," kata Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro, melalui keterangan tertulis, Jumat (14/7).

Sekitar 30 menit setelah lepas landas, pilot memutuskan untuk kembali ke bandar udara asal. Sebab perilaku penumpang laki-laki berinisial MS (25 tahun) tersebut dinilai telah mengganggu kenyamanan penerbangan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...