Anas Urbaningrum Resmi Jabat Ketua Umum, Yakin Bawa PKN Lolos Parlemen

Ira Guslina Sufa
15 Juli 2023, 06:15
Anas Urbaningrum
ANTARA FOTO/Reno Esnir/rwa.
Ketua Umum Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) Anas Urbaningrum (kiri) berfoto bersama sejumlah kader saat Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) di Jakarta, Jumat (14/7/2023).

Anas Urbaningrum resmi terpilih dan ditetapkan sebagai Ketua Umum Partai Kebangkitan Nusantara (PKN). Keputusan itu diambil secara aklamasi dalam musyawarah nasional luar biasa (Munaslub) PKN yang digelar di Jakarta, Jumat (14/7) malam.

"Musyawarah luar biasa telah memilih dan menetapkan saudara Anas Urbaningrum sebagai Ketua Umum Partai Kebangkitan Nusantara periode 2023-2028," kata pimpinan sidang pleno Munaslub PKN.

Setelah nama Anas diumumkan, selanjutnya Ketua Umum PKN terdahulu I Gede Pasek Suardika menyerahkan kartu tanda anggota (KTA) kepada Anas Urbaningrum. Selanjutnya, Anas memberi pidato perdananya sebagai Ketua Umum PKN.

"Malam hari ini, saya diberi amanah untuk memimpin langsung PKN, sungguh itu tugas besar yang sangat berat. Ini adalah situasi yang buat saya pribadi sangat khusus," kata Anas dalam pidatonya.

Anas mengatakan bahwa dirinya yakin bisa memimpin PKN dengan baik jika seluruh kader partai bersungguh-sungguh, kompak, solid, utuh, dan bersatu dalam melaksanakan tugas-tugas politiknya. Anas mengajak seluruh kader untuk bersama-sama membangun kekuatan untuk memajukan partai. 

Anas pun menegaskan bahwa semua kader memiliki tugas masing-masing di bawah cita-cita kolektif PKN. "Tidak ada yang lebih tinggi dan tidak ada yang boleh lebih tinggi dari cita-cita kolektif," ujar Anas.

Menurut Anas, PKN bisa melewati tantangan dan kesulitan yang ada dengan optimisme kolektif seluruh kader. Ia menyebut tantangan tersebut adalah hal yang biasa dan harus dijalani.

"Saya boleh punya kesimpulan bahwa optimisme kolektif kita inilah yang akan bisa mengatasi kesulitan-kesulitan itu. Yang bisa mengatasi tantangan besar dan berat itu," ujar Anas.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...