Indonesia - AS Sepakat Perluas Kerjasama Ekonomi hingga Pertahanan

Aditya Widya Putri
15 Juli 2023, 15:45
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kanan) bersalaman dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony J Blinken (kiri) saat pertemuan bilateral di Jakarta, Jumat (14/7/2023).
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/YU
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kanan) bersalaman dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony J Blinken (kiri) saat pertemuan bilateral di Jakarta, Jumat (14/7/2023).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi membahas potensi perluasan kemitraan bersama Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony J. Blinken. Hal tersebut menjadi isu yang dibahas dalam dialog strategis Indonesia-AS di sela-sela gelaran ASEAN Foreign Ministers Meeting-Post Ministerial Meeting (AMM/PMC) di Jakarta, Jumat, (14/7) kemarin.

Menjelang peringatan 75 tahun hubungan diplomatik Amerika-Indonesia, Indonesia dan Amerika tengah menjalin dialog untuk meningkatkan berbagai macam kerja sama. Salah satunya terkait masa berlaku visa dan izin tinggal bagi diplomat Amerika dan Indonesia, serta pemegang paspor resmi, masing-masing selama lima tahun.

Rilis yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri menyebut Retno dan Blinken sama-sama mengakui bahwa hubungan bilateral kedua negara semakin kuat, dimulai sejak Indonesia dan Amerika Serikat menjalin hubungan diplomatik pada 29 Desember 1949.

Hubungan tersebut terus diperkuat dengan nilai dan prinsip demokrasi, tata pemerintahan yang baik, peningkatan kerjasama pertahanan, saling menghormati hak asasi manusia dan supremasi hukum, serta kepentingan bersama secara global dan regional, termasuk Indo-Pasifik yang inklusif, terbuka, dan mempromosikan perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran.

Kedua negara telah meningkatkan kemitraan mereka dari kemitraan komprehensif pada tahun 2010, menjadi kemitraan strategis pada tahun 2015 untuk mengatasi perkembangan tantangan dan memanfaatkan peluang berdasar prinsip mutualisme, serta menghormati kedaulatan dan integritas wilayah masing-masing.

Pada tahun ini dialog strategis Indonesia-Amerika menitikberatkan pembahasan perkembangan hubungan bilateral. Dalam kerja sama politik, kedua belah pihak bertukar pandangan tentang cara-cara inovatif untuk meningkatkan hubungan bilateral dan membangun hubungan kelembagaan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...