Harta Budi Arie Setiadi, Relawan Jokowi yang Dilantik jadi Menkominfo

Ira Guslina Sufa
17 Juli 2023, 11:35
Budi Arie Setiadi dilantik Jokowi jadi Menkominfo
Antara
Profil Budi Arie Setiadi

Presiden Joko Widodo resmi melantik Budi Arie Setiadi menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika menggantikan Johnny G. Plate. Pelantikan Budi dilangsungkan di Istana negara pada Senin (17/7). Adapun Johnny mundur dari jabatan menkominfo setelah ditetapkan sebagai tersangka dalam proyek Base Transceiver Station atau BTS 4G dan BAKTI Kominfo. 

Sebelum menjabat sebagai menteri kominfo, Budi sebelumnya sudah duduk di kabinet Jokowi - Ma'ruf Amin. Budi menjabat sebagai Wakil Menteri Desa Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) sejak 25 Oktober 2019. Ia dikenal sebagai loyalis Jokowi yang memimpin kelompok relawan Projo yang berdiri sejak 2013. 

Jokowi menyebut mengangkat Budi Arie untuk memastikan pembangunan BTS tetap berjalan. Selain itu ia memerintahkan Budi merespons kecepatan perubahan dalam dunia teknologi informasi. Makanya Jokowi juga menunjuk Nezar Patria sebagai Wakil Menkominfo. Jokowi membekali Budi dan Nezar dengan Satuan Tugas khusus. Satgas tersebut akan membantu penyelesaian masalah terkait teknologi informasi.

Usai pelantikan Budi mengatakan akan melanjutkan program yang sudah ada di kementerian. Selain itu ia mengatakan mendapat tugas membangun narasi damai jelang pemilu 2024. Ia berharap Kemenkominfo bisa mengambil peran dalam meningkatkan literasi masyarakat menghadapi pemilu. 

“Kita ingin Indonesia ini sejuk, 2024 menyatukan semua, jangan sampai ada polarisasi atau hal yang justru menimbulkan perpecahan antara anak bangsa,” ujar Budi. 

Kekayaan Budi Arie Setiadi

Sebagai mantan aktivis, politikus dan pernah menjabat wakil menteri Budi telah banyak mengenal Jokowi. Ia pun termasuk dalam menteri yang berharta cukup besar. Berdasarkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara, pada 2022 Budi tercatat memiliki kekayaan Rp 101 miliar. Harta milik budi tersebar dalam beberapa bentuk baik tanah, bangunan dan kendaraan. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...