Profil Menkominfo Budi Arie yang Dilantik Jokowi Gantikan Johnny Plate

Ira Guslina Sufa
17 Juli 2023, 09:29
Presiden Joko Widodo melantik Menkominfo dan lima orang wakil menteri hari ini di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/7). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden.
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo melantik Menkominfo dan lima orang wakil menteri hari ini di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/7). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo resmi melantik Budi Arie Setiadi menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika menggantikan Johnny G. Plate. Pelantikan Budi dilangsungkan di Istana negara pada Senin (17/7). 

"Untuk menjalankan tugas selurus-lurusnya demi dharma bakti saya ke negara," kata Jokowi dalam pembacaan sumpah.

Sebelum menjabat sebagai menteri kominfo, Budi sebelumnya sudah duduk di kabinet Jokowi - Ma’ruf Amin. Budi sebelumnya menjabat sebagai Wakil Menteri Desa Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) sejak 25 Oktober 2019.

Selain melantik Budi, Jokowi juga melantik sejumlah nama. Mereka adalah Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Mansury yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara. Posisi Budi di Kemendes digantikan oleh Paiman Raharjo.  Adapun di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Budi akan didampingi oleh Nezar Partia yang didapuk menjadi Wakil Menkominfo. 

Posisi Wakil Menteri BUMN yang sebelumnya dijabat oleh Pahala digantikan oleh Roslan Roeslani. Mantan Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia ini sebelumnya merupakan Duta Besar Indonesia di Amerika Serikat. Selanjutnya Jokowi juga melantik politikus Partai Persatuan Pembangunan Saiful Rahmat sebagai Wakil Menteri Agama. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...