PDIP Jelaskan Alasan Gibran jadi Juru Kampanye Ganjar di Pilpres

Ade Rosman
18 Juli 2023, 06:10
Gibran Jurkam PDIP
Katadata/PDIP
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto di DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (22/5/2023).

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menyatakan siap menjalankan tugas sebagai juru kampanye bakal calon presiden Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Ganjar Pranowo. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan kesiapan Gibran sebagai gambaran gotong royong di internal partai berlogo banteng.

Hasto mengungkit peran Ganjar saat putra Presiden Joko Widodo itu maju mencalonkan diri sebagai wali kota. Menurut Hasto Ganjar merupakan salah satu tokoh yang turun dan bergerak membantu kemenangan Ganjar di Solo. 

Menurut Ganjar merupakan hal biasa dalam suatu partai saat para keder saling membantu untuk pemenangan kader lain dalam sebuah pemilihan. "Ini merupakan kerja gotong-royong yang ditunjukkan seluruh kader PDI Perjuangan," kata Hasto di INews Tower, Jakarta Pusat, Senin (17/7).

Lebih jauh Hasto mengatakan keikutsertaan Gibran dalam kampanye pemenangan Ganjar merupakan gerak bersama partai. Meski begitu, ia belum membocorkan daerah mana yang menjadi titik pertama gibran bergerak nanti. Ia mengatakan, peraturan mengenai kampanye akan dikeluarkan oleh penyelenggara Pemilu yakni KPU dan Bawaslu.

Sebelumnya, Gibran mengungkapkan siap menjalankan tugas sebagai juru kampanye Ganjar Pranowo. Menurut Gibran tugas pemenangan Ganjar menghadapi pemilihan presiden 2024 bakal dimulai pekan ini. 

"Besok, Sabtu saya sudah mulai muter. Kalau besok Sabtu sudah ke luar wilayah, ke luar provinsi," kata Gibran di Solo, Senin (17/7).

Gibran belum bisa menjelaskan agenda yang dilakukan pada kegiatan keliling selama kampanye. Ia mengatakan hingga saat ini masih menunggu jadwal pasti dari tim pemenangan nasional. Meski begitu ia menyebut sudah mengetahui beberapa titik lokasi kampanye yang akan didatangi. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...