Mahfud Berjanji Akan Selamatkan Pesantren Al Zaytun

Andi M. Arief
18 Juli 2023, 16:50
mahfud, al zaytun, panji gumilang
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/rwa.
Menkopolhukam Mahfud MD memberikan keterangan kepada media terkait penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (4/7/2023).

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menegaskan pemerintah serius dalam menangani kontroversi di Pondok Pesantren Al Zaytun. Mahfud mengatakan akan menyelamatkan Al Zaytun dari kontroversi tersebut.

Mahfud mengatakan penyelamatan Al Zaytun harus menunggu posisi hukum. Mahfud menegaskan pemerintah tidak akan menutup lembaga pendidikan apapun.

"Akan terus kami bina dan kami kembangkan sesuai dengan hak konstitusional yang diberikan hak kepada murid dan wali murid, santri dan wali santri," kata Mahfud dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Selasa (18/7).

Mahfud menilai Al Zaytun merupakan lembaga pendidikan dengan lulusan yang sangat bagus. Oleh karena itu, pemerintah akan menyelamatkan pesantren tersebut sebagai lembaga pendidikan.

Maka dari itu, Mahfud menyampaikan pengamanan Al Zaytun telah diserahkan kepada Gubernur Jawa Barat dan aparat penegak hukum secara vertikal. Sementara pemerintah telah melakukan langkah hukum dalam kasus ini. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...