Airlangga Bicara Pilpres, Singgung Kedekatan dengan Ganjar dan Prabowo

Andi M. Arief
20 Juli 2023, 13:08
airlangga, ganjar pranowo, prabowo subianto
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp.
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memasuki mobil usai mengikuti rapat terbatas di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (10/7/2023).

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) masih berjalan. Walau demikian, Airlangga menyampaikan Partai Beringin akan terus melihat perkembangan politik ke depan.

Seperti diketahui, Airlangga menemui Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di kantornya awal pekan ini. Airlangga juga mengaku kerap bertemu dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

"Partai politik yang namanya Golkar tentu dekat dengan semua," kata Airlangga di sela-sela acara Indonesia Data and Economic Conference Katadata 2023, Jakarta, Kamis (20/7).

Airlangga mengatakan pertemuan dengan Ganjar Selasa, (18/7) berlangsung dengan positif. Sementara itu, Airlangga menyatakan kedekatan dengan Prabowo disebabkan oleh senioritas di bidang politik.

Dia juga menceritakan bahwa Prabowo pernah mengikuti konvensi Partai Golkar di Jakarta Convention Center pada 20 April 2004. Saat itu, Prabowo bersiap maju sebagai capres.

Di samping itu, Airlangga mengatakan komunikasi antara PDIP dan Partai Golkar cukup lancar. Airlangga menyatakan dirinya memiliki kedekatan dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani saat keduanya menjadi anggota legislatif.

Golkar hingga saat ini belum juga menentukan akan merapa ke kubu mana. Sedangkan, mitra mereka di KIB, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) telah resmi mendukung Ganjar Pranowo.

Anggota lain KIB, Partai Amanat Nasional (PAN) juga belum memutuskan akan berlabuh ke mana. Meski demikian, PAN telah menawarkan Erick Thohir untuk menjadi bakal calon wakil presiden Prabowo Subianto hingga Ganjar Pranowo.

Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...