Survei KIC: Ganjar Capres Terunggul, Prabowo Pimpin Isu Luar Negeri

Shabrina Paramacitra
Oleh Shabrina Paramacitra - Tim Publikasi Katadata
22 Juli 2023, 11:19
Hasil survei persepsi capres KIC menunjukkan Ganjar memimpin penyelesaian enam isu, sementara Prabowo unggul untuk isu hubungan luar negeri.
Katadata
Dasbor Pemilu dalam Data diluncurkan di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, pada Kamis (20/7).

Survei persepsi Katadata Insight Center (KIC) periode 11-18 Juli menunjukkan bakal calon presiden (capres) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Ganjar Pranowo, menduduki peringkat teratas sebagai tokoh yang dianggap mampu menyelesaikan permasalahan bangsa. Ganjar dipersepsikan bakal unggul menangani beberapa isu.

“Dari sepuluh isu utama yang ditanyakan, Ganjar memimpin di enam isu, yaitu stabilitas harga pangan, penciptaan lapangan kerja, pemberantasan kemiskinan, lingkungan, pendidikan, dan kesehatan,” ujar Direktur KIC Adek Roza dalam keterangan tertulis, dikutip Sabtu (22/7).

Survei online KIC mengukur persepsi masyarakat mengenai tokoh yang santer akan menjadi capres maupun wakilnya pada Pemilu 2024.

Ada 10 tokoh yang menjadi pilihan dalam survei. Selain Ganjar, ada nama Agus Harimurti Yudhoyono, Anies Baswedan, Prabowo Subianto, Erick Thohir, Khofifah Indar Parawansa, Mahfud MD, Muhaimin Iskandar, Ridwan Kamil, dan Sandiaga Uno.

Adek memaparkan, isu-isu lain yang juga ditanyakan dalam survei tersebut yakni kemampuan untuk membangun ekonomi kreatif, pemberantasan korupsi, penegakan hukum dan hak asasi manusia (HAM), serta hubungan luar negeri. 

Pada keempat isu itu, ada tiga nama yang memimpin, yaitu Mahfud untuk isu pemberantasan korupsi serta penegakan hukum dan HAM, Erick untuk pembangunan ekonomi kreatif, dan Prabowo untuk isu hubungan luar negeri.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...