BPJS Klaim Malaysia Tiru Konsep Jaminan Kesehatan ala Indonesia

Ira Guslina Sufa
23 Juli 2023, 13:10
Layanan BPJS Kesehatan
Merdeka.com
Layanan BPJS Kesehatan

Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan Ghufron Mukti optimistis badan yang ia pimpin masih berjalan sesuai target yang diinginkan pemerintah. Menurut Ghufron pada 2022 jumlah kepesertaan BPJS Kesehatan mencapai 248.771.083 jiwa. 

Capaian kepesertaan BPJS Kesehatan pada 2022 tersebut melebihi target Rencana Pembangunan Jangka Menengah. Adapun target RPJM 2022 berada di angka 87% atau setara 228 juta jiwa. Sedangkan pada 2021 kepesertaan baru di angka 235 juta. 

Advertisement

Menurut Ghufron capaian yang diraih BPJS Kesehatan merupakan buah dari komitmen BPJS menghadirkan pelayanan yang semakin baik dan mudah dijangkau oleh peserta. Ia menyebut konsep gotong royong yang digunakan membuat layanan kesehatan menjadi lebih baik. 

“Bahkan, negara Malaysia saat ini mau mengikuti konsep jaminan kesehatan di Indonesia. Ini salah satu prestasi yang membanggakan bagi Indonesia,” kata Ghufron seperti dikutip Minggu, (23/7). 

Lebih jauh Ghufron mengatakan saat ini BPJS Kesehatan telah bekerja sama dengan 23.730 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Sedangkan untuk Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan sudah ada 2.963 FKRTL yang bekerja sama. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement