Tanda Tanya Kelanjutan Kartu Prakerja Usai Jokowi Lengser Tahun Depan

Ade Rosman
9 Agustus 2023, 21:32
kartu prakerja, jokowi
Prakerja
Program kartu p.rakerja.

Masa jabatan Presiden Joko Widodo akan berakhir pada Oktober 2024. Tanda tanya pun meliputi program kartu prakerja yang merupakan program yang dirumuskan Jokowi.

Deputi III Kantor Staf Presiden Edy Priyono mengatakan dasar dari kartu prakerja adalah peraturan presiden. Artinya, nasib dari program yang muncul di periode kedua pemerintahan Presiden Jokowi tersebut sangat bergantung pada keputusan presiden berikutnya.

Dia berharap program kartu prakerja akan tetap ada usai Pilpres 2024. Namun, ia belum bisa memastikan keberlanjutan program tersebut usai pemerintahan berganti nanti.

"Tahun depan masih ada, kalau setelah pemerintahan ganti, setelah 2024, kami dari pelaksana kartu prakerja inginnya lanjut, tapi sangat tergantung kepada keputusan pemerintahan baru," kata Edy kepada wartawan usai Sosialisasi Pelatihan Luring Kartu Prakerja, di Yogyakarta, Rabu (9/8).

Edy menceritakan, kartu prakerja muncul pertama kali pada 2019. Kala itu Jokowi mengatakan perlu adanya program pelatihan dengan cara-cara baru yang dilakukan secara masif. Jokowi pun menyebut agar program yang kala itu masih sebatas rencana tersebut melibatkan pihak swasta.

"Jadi kemudian menjadi berbeda dengan pelatihan-pelatihan selama ini yang sering dilakukan pemerintah, di mana pemerintah bekerja sendiri, bikin pelatihan dan seterusnya. Bukan berarti itu jelek, tapi kita coba dengan cara lain," katanya.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...